PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS

Authors

  • Tiara Habibi Suwandi Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia
  • Syahlan Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia
  • Isnaini Halimah Rambe Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.889

Keywords:

Literasi, Creative Problem Solving, Wordwall

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran berbasis creative problem solving berbantuan aplikasi wordwall untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa di SMK Awal Karya Pembangunan Galang berdasarkan  kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian Pengembangan ini adalah Research and Develovment (R&D) dengan  menggunakan model pengembangan Thiagarajan 4-D, dalam penelitian ini penulis membatasi pengembangan hanya sampai pada tahap 3-D yaitu: (1) Pendefenisian (define), (2) Desain (design), dan (3) Pengembangan (development). Populasi pada penelitian ini adalah peserta kelas X pada semester genap tahun 2021/2022 kemudian dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 30 siswa dikelas X RPL 1 sebagai uji coba I dan 30 siswa dikelas X TB 2 sebagai uji coba II. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari hasil angket validasi, angket respon siswa serta soal tes kemampuan literasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis creative problem solving berbantuan aplikasi wordwall mempunyai tingkat kevalidan sebesar 4,36 dengan kategori sangat baik, tingkat keefektifan dari hasil ketuntasan belajar klasikal pada uji coba I sebesar 53% peserta didik tuntas sedangkan pada uji coba II sebesar 90%  peserta didik yang tuntas. Hal ini menunjukkan pencapaian ketuntasa tujuan pembelajaran mencapai 70% pada uji coba I dan uji coba II. Respon siswa menunjukkan kategori sangat baik dengan persentase 50% dan kepraktisan media pembelajaran diperoleh rata-rata sebesar 4,5 dengan kategori sangat praktis. Peningkatan Kemampuan Literasi matematis siswa pada uji coba I mengalami peningkatan sebesar 0,43 dengan kategori “Sedang” dan pada uji coba mengalami peningkatan sebesar 0,73 dengan kategori “Tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyono, A.N. (2007). Pengembangan Model Creative Problem Solving Berbasis Teknlogi. (Online). Tersedia: http://ww.adi-negara.blogspot.com

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Maria Ulfa, dkk. 2017 Melatih Literasi Matematis Siswa dengan Metode Naïve Geometry. Jurnal Review Pembelajaran Matematika. (Volume 2 Nomor 1)

OECD, 2019. PISA 2018. PISA 2018 Result Combined Executive Summaries. PISA-OECD Publishing

Sudarsono, S. 2021. Pengembangan Media Pembelajran Game Interaktif Berbasis Aplikasi Web Wordwall Pada Pelajaran Matematika Materi Bilangan Ganjil Genap Kelas II SD. JPGSD. Vol.09. No. 08

Susanto, A., (2013). Teori Belajar & pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Syahlan.(2015). Literasi Matematika Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian, Pemikiran, dan Pengabdian. Vol.3. No. 36-43.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Sammel, M.L (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/ Special Education, University of Minnesota

Downloads

Published

2022-10-30