KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS DENGAN KAJIAN METODE PEMIKIRAN ANALOGI UNTUK PERMASALAHAN LITERASI NUMERASI
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.875Keywords:
berpikir matematis, , metode pemikiran logis, permasalahan literasi numerasiAbstract
Penyelenggaraan Pendidikan harus berbasis sekolah dengan mengembangkan kemampuan skolastik yang saat ini dikenal dengan istilah literasi dan numerasi. Kemampuan berpikir matematis yang sekaligus dapat menganalogikan suatu permasalahan menjadi suatu hal yang sangat penting sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan mahsiswa tentang hal tersebut. Subyek yag diambil 4 orang dengan kemampuan tinggi dan rendah. Penelitian dengan deskriptif kualitatif yang menggunakan hasil penyelesaian soal literasi numerasi yang berbentuk video. Kesimpulanya adalah subyek berkemampuan tinggi memenuhi 2 kriteria sedangakn yang berkemampuan rendah hanya memenuhi 1 kriteria dalam berpikir analogi.
Downloads
References
Azmi, M. P. (2017). Penerapan Pendekatan Concrete-Representational-Abstract (Cra) Berbasis Intuisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 68. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.798
Fiantika, F. R., Maknun, C. L., Budayasa, I. K., & Lukito, A. (2018). Analysis of students’ spatial thinking in geometry: 3D object into 2D representation. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012140
Imamah, A. N., & Warli, S. (2017). Profil Berpikir Logis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Prosiding SNasPPM, 2(1), 257–262.
Isoda, M & Katagiri, S. (2012). Mathematical Thingking.
Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 5, No. 4, (http://www.malang.ac.id), diakses 20 Januari 2000
Lee, Y. C. (2015). Self-generated Analogical Models of Respiratory Pathways. Journal of Biological Education, 49(4), 370–384. https://doi.org/10.1080/00219266.2014.967275
Panglipur, I. R., & Putra, E. D. (2018). Analisis pemahaman konsep dasar geometri dengan pembelajaran metode penemuan terbimbing pada mata kuliah geometri. Jurnal Laplace, 1(1), 33–40.
Suryanda, A., Azrai, E. P., Nuramadhan, M., & Ichsan, I. Z. (2020). Analogy and critical thinking skills: Implementation learning strategy in biodiversity and environment topic. Universal Journal of Educational Research, 8(4A), 45–50. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081807