PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA SAAT PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH KALKULUS

Authors

  • Lin Suciani Astuti Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
  • Munasiah Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.874

Keywords:

kecemasan matematika, pembelajaran daring, hasil belajar, Kalkulus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika saat pembelajaran daring terhadap hasil belajar mata kuliah kalkulus.Metode dari penelitian ini yaitu metode survei, dengan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil secara acak, sebanyak  70  mahasiswa Program studi Teknik Informatika Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Data didapatkan dari pemberian angket kecemasan matematika dan soal mata kuliah kalkulus, yang dilakukan secara daring. Indikator dari kecemasan matematika yang digunakan yaitu: somatik, kognitif, sikap, dan pemahaman matematis. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig pada uji regresi linier sederhana yaitu 0,000<0,05, hal ini menunjukan bahwa H0 (Tidak ada pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar kalkulus)di tolak  dan Ha (ada pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar kalkulus) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan mahasiswa dengan hasil belajar mata kuliah kalkulus pada saat pembelajaran daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp. Infinity Journal, 3(1), 125. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.43

Derin. (2021). Pengaruh Hasil Belajar Matematika Saat Pembelajaran Daring Terhadap Kecemasan Matematika. Didaktik?: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(2), 306–317. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.214

Giriansyah, F. E., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Kecemasan Matematis dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 307. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9938

Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematis Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 75. https://doi.org/10.31000/prima.v4i2.2591

Rizki, F., Rafianti, I., & Marethi, I. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 11. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1750

Sun, Y., Pyzdrowski, L. (2009). Using Technology as A Tool to Reduce Mathematics Anxiety. The Journal of Human Resource and Adult Learning, Vol. 5, Num. 2, p. 38-44.

Wicaksono, B., & Artha, L. F. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Online. Laplace?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 61–74. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.672

Downloads

Published

2022-10-30