PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA SAAT PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH KALKULUS
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.874Keywords:
kecemasan matematika, pembelajaran daring, hasil belajar, KalkulusAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika saat pembelajaran daring terhadap hasil belajar mata kuliah kalkulus.Metode dari penelitian ini yaitu metode survei, dengan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil secara acak, sebanyak 70 mahasiswa Program studi Teknik Informatika Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Data didapatkan dari pemberian angket kecemasan matematika dan soal mata kuliah kalkulus, yang dilakukan secara daring. Indikator dari kecemasan matematika yang digunakan yaitu: somatik, kognitif, sikap, dan pemahaman matematis. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig pada uji regresi linier sederhana yaitu 0,000<0,05, hal ini menunjukan bahwa H0 (Tidak ada pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar kalkulus)di tolak dan Ha (ada pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar kalkulus) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan mahasiswa dengan hasil belajar mata kuliah kalkulus pada saat pembelajaran daring.
Downloads
References
Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp. Infinity Journal, 3(1), 125. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.43
Derin. (2021). Pengaruh Hasil Belajar Matematika Saat Pembelajaran Daring Terhadap Kecemasan Matematika. Didaktik?: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(2), 306–317. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.214
Giriansyah, F. E., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Kecemasan Matematis dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 307. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9938
Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematis Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 75. https://doi.org/10.31000/prima.v4i2.2591
Rizki, F., Rafianti, I., & Marethi, I. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 11. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1750
Sun, Y., Pyzdrowski, L. (2009). Using Technology as A Tool to Reduce Mathematics Anxiety. The Journal of Human Resource and Adult Learning, Vol. 5, Num. 2, p. 38-44.
Wicaksono, B., & Artha, L. F. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Online. Laplace?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 61–74. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i1.672