STUDI ANALISIS: KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.873Keywords:
Kesalahan Konsep, Kesalahan Prinsip, Kesalahan PerhitunganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa SMA dalam menyelesaikan soal matematika pada materi persamaan kaudrat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah tiga orang yang mewakili kemampuan tinggi, kemampuan sedang dan kemampuan rendah kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung pada tahun akademik 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan melalui teknis tes dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif dengan empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek berkemampuan tinggi tidak melakukan kesalahan konsep dan kesalahan prinsip, akan tetapi subjek kesalahan perhitungan dikarenakan kurang teliti dalam penulisan simbol. Kemudian subjek berkemampuan sedang tidak melakukan kesalahan konsep namun subjek melakukan kesalahan prinsip dan kesalahan perhitungan pada saat menentukan akar-akar persamaan kaudrat pada soal cerita. Subjek berkemampuan rendah melakukan 3 kesalahan dalam menentukan akar-akar persamaan kuadrat yaitu subjek melakukan kesalahan konsep, kesalahan prinsip dan kesalahan perhitungan.
Downloads
References
Beba, H., Sulistyaningsih, M., & Kaunang, D. F. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Program Linear di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Moronge. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 3(1), 29–36. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/85668%0Ahttp://eprints.ums.ac.id/85668/1 4/NASKAH PUBLIKASI.pdf
Bernando, S., Novaliyosi, & Rafianti, I. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman Pada Soal Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X. Wilangan, 3(2), 84–92.
Essing, N. B., Salajang, S. M., Manurung, O., Matematika, P., Matematika, F., Alam, P., & Manado, U. N. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi Aljabar Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lirung. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 3(1), 13–22.
Ginanjar, A. Y., & Widayanti, W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Sd/Mi. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 10(2), 117– 124. https://doi.org/10.32678/primary.v10i02.1283
Khaillasiwi, O., Purwanto, S., & Meiliasari. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Negeri 45 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(1), 44–50. https://doi.org/10.21009/jrpms.041.07
Lestari, D. I., Waluya, S. B., & Mulyono. (2020). Mathematical Literacy Ability And Self-Efficacy Students In Search Solve Create And Share (SSCS) Learning With Contextual Approaches. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 9(2), 156–162.
Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178–186. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.94
Permatasari, I., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2020). Efektivitas metode pembelajaran PQ4R ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan self-concept siswa. PYTHAGORAS?: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 61–72.
Rahmat, Sugita, G., & Nurhayadi. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Palu Dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Kuadrat. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 9(3), 272–281. file:///C:/Users/USER/Documents/Seminar/masalah/b5bef0ccd206facea319 95feb003b01d.pdf
Setiawan, Y. E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menggeneralisasi Pola Linier. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 180–194. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3386
Usqo, U., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Watson’s Error Category dan Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 505–518. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1099