PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Ira Ayu Safitri IKIP Budi Utomo Malang, Indonesia
  • Rina Wijayanti IKIP Budi Utomo Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.872

Keywords:

Media pembelajaran pop-up book, valid, meningkat, literasi matematika

Abstract

Media pembelajaran merupakan media atau alat yang digunakan untuk membantu guru dalam menunjang pelaksanaan pembelajaran. Pop-up book menjadi salah satu media pembelajaran yang dapat membuat siswa tertarik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa pop-up book dan selanjutnya mengukur perbedaan hasil kemampuan literasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan media yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian yang dilakukan untuk mengembangan suatu media tertentu. Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Ulum Purwodadi Pasuruan. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 21 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket/kuisioner terhadap responden yang telah dipilih, wawancara, dan dokumentasi selama kegiatan dilakukan. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif berupa kritik dan saran dari responden sedangkan data kuantitatif berupa perhitungan nilai rata-rata dan uji-t dari data nilai pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pop-up book dapat meningkatkan literasi siswa kelas VII MTs Darul Ulum Purwodadi. Peningkatan kemampuan literasi siswa dapat dibuktingan dengan perbedaan rata-rata nilai pre-test sebesar 53,29 dan nilai rata-rata post-test sebesar 85,05. Dengan demikian pengembangan media pop- up book dapat dinyatakan valid dan mampu meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baiduri, M. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Audio pada Materi Bangun Datar Segiempat di SMP. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.

Hanifah, T. U. (2014). Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen di TK Negeri Pembina Bulu Temanggung). 3(2), 50.

Indrawati, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Sains, 1(1), p. 383.

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika . PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika , (p. 588). Semarang.

Novita Sari, R. H. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, (p. 713). Yogyakarta.

Paulina, W. N. (2020). Analisis Penggunaan Media Pop-Up Bool dalam Pembelajaran Matematika. 9.

Yensy, N. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 66.

Downloads

Published

2022-10-30