PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS VIII SMPN 1 SIMANINDO
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.871Keywords:
Project Based Learning, Kemampuan Literasi Matematis, Model PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan literasi matematis siswa pada materi SPLDV Kelas VIII SMPN 1 Simanindo T.A. 2022/2023. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Simanindo yang terdiri dari 6 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-C dan kelas VIII-F yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, namun dikarenakan situasi pada saat penelitian Covid-19 maka hanya 15 orang siswa dari setiap kelas yang menjadi sampel. Dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-C) dan sebagai kelas kontrol (VIII-F). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan literasi matematis menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan literasi matematis mempunyai nilai rata-rata . Pada kelas kontrol kemampuan literasi matematis mempunyai nilai rata-rata . Dengan memperhatikan nilai Asymp.Sig (2-tailed) yang diperoleh maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan literasi matematis siswa pada materi SPLDV Kelas VIII SMPN 1 Simanindo T.A. 2022/2023. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan pembelajaran Project Based Learning memberi pengaruh lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan literasi matematis siswa pada materi SPLDV Kelas VIII SMPN 1 Simanindo T.A. 2022/2023.
Downloads
References
Jannah, R. R., & Asikin, M. (2021). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 227-234.
Lubis, R. H., & Simamora, F. N. (2022). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Peer Teaching. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 76-82.
Maudi, N. (2016). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 39-43.
Muslim, S. R. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik SMA. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(2), 88-95.
Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493-502.
Wicaksana, Y., Wardono, W., & Ridlo, S. (2017). Analisis kemampuan literasi matematika dan karakter rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran berbasis proyek berbantuan schoology. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 167-174.
Zakkia, A., Isnarto, I., Asih, T. S. N., & Wardono, W. (2019, February). Kemampuan literasi matematika siswa pada pembelajaran brain based learning. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 34-39).