KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL BERDASARKAN TEORI PEMAHAMAN SKEMP
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.857Keywords:
Kesulitan Siswa, Pemahaman Skemp, SPLDVAbstract
Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika sudah sering terjadi terlebih pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV dapat dianalisis dengan kemampuan pemahaman Skemp yang terbagi menjadi dua yakni, pemahaman instrumental dan pemahaman relasional. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal SPLDV berdasarkan kemampuan pemahaman Skemp. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes, serta wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa SMP Negeri 18 Kota Serang kelas VIII B dengan jumlah 20 siswa yang dipilih berdasarkan hasil wawancara yang terbagi atas masing-masing siswa dengan kemampuan instrumental dan kemampuan relasional. Hasil penelitian menjelaskan bahwa siswa dengan kemampuan instrumental cenderung lebih banyak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal SPLDV dan untuk siswa dengan kemampuan relasional lebih sedikit dalam mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal SPLDV. Penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal SPLDV yakni kurangnya siswa dalam memahami konsep dari SPLDV itu sendiri, akibatnya ketika diminta mengerjakan soal yang berkaitan dengan SPLDV siswa akan mengalami kesulitan.
Downloads
References
Husna, R. A., Rohaeti, E. E., & Senjayawati, E. (2019). Analisis kesulitan belajar pada materi spldv siswa kelas x smk bina insan bangsa di tinjau dari segi kemampuan komunikasi matematik. Journal On Education, 01(02), 335–343.
Kementerian Pendidikan Republik Indonesia. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. (June), 1–15.
Kuncorowati, R. H., Mardiyana, M., & Saputro, D. R. S. (2017). The Analysis of Student’s difficulties Based on Skemp’s Understanding Theorem at The Grade VII in Quadrilateral Topic. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), 318. doi: 10.20961/ijsascs.v2i1.16736
Lestari, A., Nursalam, Sulasteri, S., & Abrar, A. I. P. (2020). Analysis of Students’ Difficulties in Completing Story Questions on Two Variable Linear Equation Systems in Class VIII Junior High School Students. Alauddin Journal of Mathematics Education, 2(2), 166–182. Retrieved from file:///C:/Users/BLACK/Downloads/17365-47524-1-PB.pdf
Mubarok, R., & Fitriani, N. (2020). Analisis Pencapaian Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear Dua Variabel di SMPN 1 Campaka Mulya-Cianjur. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 507–516. doi: 10.22460/jpmi.v3i5.507-516
Murtalib, Silviana, D., & Gunawan. (2019). Eksplorasi Pemahaman Relasional Siswa SMP Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Pemecahan Masalah Lingkaran. Pedagogos ( Jurnal Pendidikan ), 1(2), 11–26. doi: 10.33627/gg.v1i2.188
Paujiah, S. R., & Zanthy, L. S. (2020). Kesulitan Siswa Smp Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv). Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 281. doi: 10.25157/teorema.v5i2.3256
Samudro, G. J. (2017). Comprehension Between Relational And Instrumental Students’ Mathematics On Treffinger Model Of The Operating Calculation Material On Aljabar At Eight Grade SMPN 1 Munjungan. Artikel Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Skemp, R. R. (1978). Relational Understanding and Instrumental Understanding. Mathematics Teaching In The Middle School.
Syahroni, & Nurfitriyanti, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika, Materi Bilangan Pada Kelas 3 SD. Jurnal Formatif, 7(3), 262–271.
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 545. doi: 10.23887/jisd.v3i4.22311
Yeo, K. (2009). Secondary 2 Students’ Difficulties in Solving Non-Routine Problems. International Journal for Mathematics Teaching and …, 1–30. Retrieved from http://eric.ed.gov/?id=EJ904874