ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI LINGKARAN
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.854Keywords:
Keterampilan Metakognitif Siswa, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstract
Keterampilan metakognitif merupakan kesadaran dalam berpikir tentang apa yang diketahui dan bagaimana cara menerapkan konsep matematika dalam memecahkan masalah. Komponen keterampilan metakognitif yaitu perencanaan, pemantauan dan penilaian. Pada penelitian ini dilakukan analisis keterampilan metakogntif siswa ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah pada materi lingkaran. Tahap pemecahan masalah yang digunakan yaitu menggunakan tahapan Dewey.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan metakognitif siswa ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas VIII B SMPN 2 Bondowoso. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII, dan 6 siswa yang akan diteliti. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa soal tes keterampilan metakognitif, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil yang diperoleh, keenam subjek mempunyai keterampilan metakognitif yang berbeda-beda dalam memecahkan masalah dengan kategori kemampuan siswa tinggi, sedang dan rendah. Kategori tersebut menentukan (1) siswa yang mempunyai berkemampuan tinggi dalam pemecahan masalah matematika sangat baik dan mampu memenuhi 3 komponen keterampilan metakognitif. (2) siswa yang mempunyai berkemampuan sedang dalam pemecahan masalah matematika yang baik dan mampu memenuhi 2 komponen keterampilan metakognitif. (3) siswa yang mempunyai kemampuan rendah dalam pemecahan masalah matematika kurang mampu dan mampu memenuhi 1 komponen keterampilan metakognitif
Downloads
References
Fitrih, D. M dkk. (2018). Analisis Keterampilan Metakognitif Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI MAN Panyabungan. Jurnal MathEdu. 1(1). 43–52.
Mufidah, Imroatul. (2014). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Segiempat dan Segitiga Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa di Kelas VII SMPN 1 Driyorejo. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(2). 117-118
Nada, A. dkk. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Kelas XI Menurut Langkah-langkah John Dewey Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Campers. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 2(2). 133-140.
Putri, R. Susanto. dan Kurniati, D (2015). Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis Polya Subpokok Bahasan Garis dan Sudut Kelas VII-C di SMP Negeri 1 Genteng Banyuwangi. Artikel Ilmiah Mahasiswa. 2(1). 1-17.
Sholihah, U. (2016). Membangun Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam. 4(1). 83–100.
Sudjana, D. dan Wijayanti, I. E. (2018). Analisis Keterampilan Metakognitif pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan melalui Model Pembelajaran Pemecahan Masalah. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan). 3(2). 206-221.