PENERAPAN PRINSIP DASAR BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATERI FUNGSI KUADRAT DI MTS AL-QUR’AN LA RAIBA HANIFIDA JOMBANG

Authors

  • Lailatul Khoiriyah STKIP PGRI Jombang, Indonesia
  • Diva Sabitasari STKIP PGRI Jombang, Indonesia
  • Jauhara Dian Nurul Iffah STKIP PGRI Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.853

Keywords:

prinsip dasar belajar, matematika, pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip dasar belajar dalam pembelajaran matematika materi fungsi kuadrat di MTs La Raiba Hanifida Diwek Jombang. Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas IX Putri MTs La Raiba Hanifida Diwek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil observasi dan wawancara dianalisis berdasarkan aspek prinsip dasar dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan 6 dari 7 prinsip dasar belajar dalam pembelajaran sudah terlaksana yaitu: perhatian dan motivasi, ditunjukkan dengan guru menanyakan apakah ada siswa yang tidak masuk dikelas. Keaktifan, guru bertanya kepada siswa secara terus menerus. Keterlibatan langsung, guru mengajak siswa mengerjakan contoh soal bersama. Pengulangan, memberikan gambaran awal tentang materi sebelumnya yang berhubungan dengan materi. Balikan dan penguatan, memberi tambahan pengetahuan tentang materi kepada siswa di akhir pembelajaran. Perbedaan individual, ditunjukkan dengan guru menerapkan beberapa teknik pembelajaran sesuai gaya belajar siswa, dan 1 prinsip yang tidak terlaksana yaitu tantangan dikarenakan guru hanya memberikan latihan soal rutin kepada siswa  untuk dikerjakan bersama pada pertemuan selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurakhman, O., & Rusli, R. K. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1). https://doi.org/10.30997/dt.v2i1.302

Achdiyat, M., & Lestari, K. D. (2016). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.752

Ali, G. (2013). Prinsip-Prinsip Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Pendidik Dan Peserta Didik. Al-Ta'dib, 6(1), 31-42. http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v6i1.288

bani, Y. P., & Kartini, K. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN KUADRAT PADA SISWA KELAS IX SMPN 2 BANGKINANG KOTA. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(2), 210-223. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7682

Bahtiar, A. R. (2016). Prinsip-prinsip dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tarbawi, 1(2), 288616. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i2.368

Dimyati, M. (2013). Belajar & pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Devi, P. K. (2010). Metode-metode dalam pembelajaran IPA. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA.

Fathoni, A. (2015). Pembelajaran Berbasis Karakter. 18. http://hdl.handle.net/11617/6020

Iffah, J. D. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Worksheet terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 107–116. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.812.

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan.? Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Muis, A. A. (2013). Prinsip-prinsip Belajar Dan Pembelajaran. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1). http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/199

Mu’min, S. A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. 6(1), 11. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/292/282

Putri, S. M. (2019). Identifikasi kesalahan siswa berdasarkan newman dalam menyelesaikan soal pada materi persamaan kuadrat tingkat sekolah menengah pertama. JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 4(1), 21-29. 10.24269/silogisme.v4i1.1368

Salamah, E. R. (2019, November). Penerapan Prinsip Belajar dan Aplikasinya Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 3, pp. 372-377). Retrieved from http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/39

Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Zaini, R. (2014). Studi Atas Pemikiran BF Skinner Tentang Belajar. TERAMPIL: jurnal pendidikan dan pembelajaran dasar, 1(1), 118-129. https://doi.org/10.24042/terampil.v1i1.1309

Downloads

Published

2022-10-30