PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI SPLDV

Authors

  • Alsidres Sidebang Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Agusmanto J.B Hutauruk Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Griffit S Nababan Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Julfriend P Bakara Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.852

Keywords:

Kemampuan penalaran matematis, SPLDV, STAD, PTK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi SPLDV (persamaan liner dua variabel) menggunakan model pembelajaran STAD pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Medan. Jenis penelitian ini yaitu PTK (Penelitian tindakan Kelas). Subjek penelitian ini yaitu 35 siswa kelas VIII dan objek penelitian ini adalah keseluruhan proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VIII di SMP Negeri 13 Medan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretes,postes, dan lembar observasi. Tes awal diberikan sebelum pembelajaran ( Pre Test ) dikelas IX, Postes 1 dan Postes 2 diberikan setelah pembelajaran. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata tiap aspek penalaran yang dicapai peserta didik pada postes siklus 1 dan setelah postes siklus 2, yaitu diketahui berdasarkan pretes soal yaitu 62,4% dan setelah dilakukan penarapan model pembelajaran STAD ditemukan adanya perubahan dari postes siklus 1 yakni  61,4% sehingga postes siklus 2 sebesar 94,2%. Dan dari hasil pengamatan oleh guru selama proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran STAD dikategorikan sangat baik dengan skor 100 dan hasil pengamatan siswa dikategorikan sangat aktif dengan skor 81,33 mengalami peningkatan dari siklus 1 hingga siklus 2. Dari hasil penelitian siklus 1 dan siklus 2 dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Heriani, M, Hartanto, H., & Dharmayana, W. (2017). Model Pembelajaran Dengan Stategi Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1)

Jamdin, A., Ratumanan, T., & Laamena, C. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kooperatif Tipe STAD Pada Mater Perbandingan Untuk Siswa Kelas VII SMP IT Assalam Ambon. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 1(2), 81-90.

Mullis, I.V.S., Martin, O., Foy, P., Kelly, D.L., & Fishbein, B. I(2020). TIMSS 2019 International Result in Mathematics and Science. Retrieved from Boston College, TIMSS & PIRLS International Study Center

Maspupah, A. & Purnama, A(2020). Analisis kesulitan siswa MTs Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Perbedaan Gender , Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika 4(1):237-239.

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Set

Priatna, N.(2003). Kemampuan Penaaran dan Pemahaman Matematika Siswa Kelas 3 Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri di Kota Bandung. Disertai Doktor, tidak diterbitkan, PPS UPI: Bandung.

Downloads

Published

2022-10-30