ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI PENGARUH TINGKAT KECEMASAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.851Keywords:
Kemampuan koneksi matematis, tingkat kecemasan matematikaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis berdasarkan tingkat kecemasan matematika yang dialami oleh peserta didik. Subjek yang digunakan yaitu peserta didik kelas X-6 SMA Negeri 101 Jakarta tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data melalui instrumen tes berupa soal uraian yang berkaitan dengan indeks kemampuan koneksi matematis dan instrumen non-tes berupa skala kecemasan matematika. Tingkat kecemasan matematika dalam penelitian ini terbagi atas tiga kategori, yaitu tingkat rendah, sedang, dan tinggi. Data yang telah terkumpul diolah dengan menggunakan metode ANOVA Satu Arah dan uji lanjut Post Hoc untuk melihat perbedaan kemampuan koneksi matematis ditinjau dari tingkat kecemasan penelitian. Hasil penelitian menemukan adanya perbedaan kemampuan koneksi matematis yang signifikan di setiap kategori tingkat kecemasan matematika. Peserta didik pada tingkat kecemasan rendah memiliki kemampuan koneksi matematis yang lebih baik daripada kelompok peserta didik dengan tingkat kecemasan sedang dan tinggi.
Downloads
References
Alaina, H.-A. (2010). Effective teaching strategies for alleviating math anxiety and increasing self-efficacy in secondary students. The Evergreen State College, 136.
Anditya, R., & Murtiyasa, B. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan Matematika. SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, Dan Olimpiade Matematka), 1–10.
Anita, I. W. (2014). The Effect of Mathematics Anxiety on the Mathematical Connection Ability of Junior High School Students. Infinity Journal, 3(1), 125.
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22.
Disai, W. I., Dariyo, A., & Basaria, D. (2018). Hubungan Antara Kecemasan Matematika Dan Self-Efficacy Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Sma X Kota Palangka Raya. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2), 556.
Fadilah, R. R., Sumarni, & Adisatuty, N. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Pada Materi Segiempat Ditinjau Dari Self-Regulated Learning. 7(1), 17–30.
Fatimah, A. E., & Khairunnisyah. (2019). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Pembelajaran Model Connecting- Organizing-Reflecting-Extending (Core). Journal of Mathematics Education and Science, 1(2), 1–8.
Haryadi, R. (2016). Korelasi Antara Matematika Dasar Dengan Fisika Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 9(1), 124–127.
Lestari, R. S., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Kemampuan Dasar. JIPMat, 3(1), 51–58.
Lutfiyah, L., Rukmigarsari, E., & Fathani, A. H. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika Dan Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial Smp Negeri 14 Malang. JP3 Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(6), 49–53.
Maisyarah, & Surya. (2017). Kemampuan Koneksi Matematis (Connecting Mathematics Ability) Siswa dalam Kemampuan Koneksi Matematis (Connecting Mathematics Ability) Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 0–8.
Midgett, C. W., & Eddins, S. K. (2001). NCTM ’ s Principles and Standards for School Mathematics?: Implications for Administrators. 623, 35–42.
Ramdani, Y. (2006). Kajian pemahaman matematika melalui etika pemodelan matematika. Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 22(1), 2.
Raniwati, D. M., & Destania, Y. (2019). Kecemasan Belajar Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal MATH-UMB.EDU, 6(3), 58–66.
Siagian, M. D. (2012). Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 58–67.
Suinn, R. M. (2003). the Mathematics Anxiety Rating Scale, a Brief Version: Psychometric Data. Psychological Reports, 92(1), 167.
Ulya, I. F., & Irawati, R. (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 121–130.