PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA EDUKATIF BERBASIS FILM KARTUN TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA

Authors

  • Freditha Yunika Laurence IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Dwi Oktaviana IKIP PGRI Pontianak, Indonesia
  • Rahman Haryadi IKIP PGRI Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.849

Keywords:

Film Kartun, Representatis Matematis, Research and Development

Abstract

Penelitian ini berupaya menghasilkan media pembelajaran matematika berupa video kartun pendidikan matematika tentang keterampilan representasi matematis siswa kelas VII SMP Kristen Immanuel I Pontianak tentang materi persegi panjang. Penelitian ini merupakan contoh penelitian yang termasuk dalam kategori penelitian dan pengembangan (R&D), dan teknik penelitian yang digunakan adalah model desain Borg and Gall. Partisipan dalam penelitian ini meliputi validator ahli materi dan validator ahli media. Siswa kelas VII E SMP Kristen Immanuel I Pontianak adalah produknya. Alat penelitian meliputi lembar validasi, angket jawaban, dan soal ujian. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media, validitas materi ditetapkan 89,5% sah dengan standar sangat valid. 83,5 persen jawaban angket guru dan siswa termasuk kriteria sangat praktis, yang menunjukkan kepraktisan pertanyaan. Efektivitas ditentukan oleh proporsi siswa yang memperoleh nilai 78% pada ujian dengan kriteria efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arwanto, A. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Batik Trusmi Cirebon Untuk Mengungkap Nilai Filosofi Dan Konsep Matematis. Phenomenon?: Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 40–49.

Denara, G. D., Hartoyo, A., & Bistari, B. (2018) Ethnomathematics Pada Gawai Mamandung Dalam Masyarakat Dayak Taman Di Kabupaten Kapuas Hulu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7).

Efendi, Y. A., Adi, E. P., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan media video animasi motion graphics pada mata pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 97-102.

Fahrurrozi dan Sukrul Hamdi. Metode Pembelajaran Matematika. (2017). Lombok Timur : Universitas Hamzanwadi Press.

Hariyanti, D., Rachmat, B., & Murdjito, M. (2013). Pemanfaaan Media Pembelajaran Audio Visual Filkartika (Film Kartun Matematika) Dengan Pokok Bahasan Bangun Ruang Pada Siswa Kelas IV SD. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 1(2).

Jannah, Z., Desfitri, R., Edrizon, E., & Zuzano, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Film Kartun pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel.

Johar, R., & Lubis, K. (2018). Analisis kesalahan representasi matematis siswa dalam memecahkan kata yang masalah berhubungan dengan grafik. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 96-107.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.

Maghfiroh, S., & Rohayati, A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segiempat. Pelita: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 64-79.

Mahendra, N. R., Mulyono, M., & Isnarto, I. (2019, February). Kemampuan Representasi Matematis dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI). In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 287-292).

Nelli, N., Yusmin, E., & Sayu, S. (2015). Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Segi Empat di Kelas VIII SMP Kemala Bhayangkari (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Zainal, Z., Jasriani, A., & Hasnah, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Film Kartun Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri 187 Pinrang. SAINTIFIK, 5(2), 135-139.

Downloads

Published

2022-10-30