ANALISIS PRINSIP BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI NOTASI SIGMA DAN INDUKSI MATEMATIKA DI KELAS XI IPA 3 SMA PGRI 1 JOMBANG

Authors

  • Zona Dina Sofa STKIP PGRI Jombang, Indonesia
  • Mella Yulia Arfanda STKIP PGRI Jombang, Indonesia
  • Sayyidatin Nasikhah STKIP PGRI Jombang, Indonesia
  • Jauhara Dian Nurul Iffah STKIP PGRI Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.847

Keywords:

prinsip belajar, pembelajaran, teori belajar

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis prinsip belajar yang diterapkan oleh guru di kelas. Sehingga prinsip belajar dirasa sangat penting bagi proses pembelajaran ,khususnya pada pengajar dan peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. lembar observasi dan pedoman wawancara merupakan instrumen penelitian yang digunakan. Subjek pada penelitian ini adalah guru matematika kelas XI IPA 3 SMA PGRI 1 Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip belajar dengan dimunculkannya dari perhatian dan motivasi, yang diberikan guru mengirimkan soal ke grup whatsApp kelas dan meminta siswa untuk mengerjakannya selesai mengerjakan soal guru memberikan motivasi dengan cara memberikan contoh manfaat dari mempelajari materi ini. Keaktifan, prinsip ini guru mengaitkan materi induksi matematika dengan kehidupan sehari-hari mereka. Keterlibatan langsung ini ditunjukkan melalui siswa yang berusaha untuk menjawab soal yang diberikan oleh guru. Pengulangan ditunjukkan dalam pengulangan materi dilakukan oleh guru sebelum masuk kedalam materi baru. Tantangan ini guru meminta siswa membuka group WhatssApp dan meminta siswa untuk menyelesaikannya. Balikan dan Penguatan ini, guru memberikan apresiasi kepada siswa ketika selesai mengerjakan soal di papan yaitu berupa pujian. Perbedaan Individu, ada beberapa siswa yang kurang aktif kemudian guru menerangkan kepada siswa jika ada yang belum faham.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, S. H. (2013). Prinsip-Prinsip Pembelajran Dan Implikasinya. Jurnal Al-Ta’dib, 31-42.

Ahmadi, Abu. (2003). Psikologi Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta

Budiningsih, A. (2003). Perkembangan Teori Belajar Dan Pembelajaran Menuju Revolusi-Sosiakultural Vygotsky. Dinamika Pendidikan, 37-48.

Dimyati & Mudjiono. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Proyek Pembinaan , Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan Dikti.

Hermansyah. (2020). Analisis Teori Behavioristik (EDWARD. Jurnal Program Studi PGMI, 15-25.

Ismail Makki (2019). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Pamekasan: Duta Media Publishing.

Iffah, J.D.N (2021). Penerapan Software Pembelajaran. Jurnal STKIP PGRI Jombang. 859-867.

Iffah, J.D.N (2020). Analisis Berpikir Reflektif Siswa Bertipe Gaya Belajar Visual (Analysis Of Reflective Thinking Of Visual Learning Style Students). Jurnal STKIP PGRI Jombang. 95-104.

Abdurrahman (2007). Meaningful Learning: Re-Inversi Kebermaknaan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, Uzer.(1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2022-10-30