PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS XII MA SEI KEPAYANG TENGAH

Authors

  • Dewi Sartika Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia
  • Syahlan Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia
  • Dhia Octariani Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.846

Keywords:

Pengembangan, LKPD, Berbasis Etnomatematika, Kemampuan Berfikir Kritis Siswa

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII  MA Sei Kepayang Tengah yang memenuhi kriteria valid, praktis danefektif. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE yang meliputi Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas XII MA Al-Washliyah Sei Kepayang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan LKPD yang dikembangkan ini adalah angket penilaian oleh ahli, untuk mengukur kepraktisan LKPD instrumen yang digunakan adalah angket respon peserta didik dan untuk mengukur keefektifan LKPD instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis Etnomatematika. Kevalidan LKPD dinilai dari penilaian para ahli dengan skor maksimal 5 untuk tiap-tiap pernyatan. Hasil penilaian rata-rata untuk LKPD dari tiga ahli yaitu 4, 4 yang berarti perangkat yang dikembangkan memiliki kualitas sangat valid. Kepraktisan berdasarkan angket respon peserta didik mendapatkan rata-rata skor 4,1 dari skor maksimal 5 untuk setiap pernyataan yang berarti perangkat yang dikembangkan memiliki kualitas praktis. Kefektifan LKPD yang dikembangkan ditinjau dari nilai tes kemampuan berfikir kritis belajarpeserta didik kelas XII MA-Al-Washliyah Sei Kepayangdengan tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum menggunakan pembelajaran yang menggunakan LKPD Berbasis Etnomatematika memiliki nilai rata-rata 48,6 dan setelah pembelajaran menggunakan LKPD Berbasis Etnomatematika memiliki rata-rata 61,4 dengan persentase sebesar80%, hal ini memperlihatkan bahwa ada peningkatan berpikir kritis siswa dan LKPD berbasis Etnomatematika pada materi bangun ruang tiga dimensi sehingga dinyatakan efektif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka

Setyosa,Punaji. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Cetakan Ketiga; Jakarta: Kencana, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan. XII; Bandung: Alfabeta, 2011.

Rohaeti, Euis Eti. “Transformasi Budaya Melalui Pembelajaran Matematika Bermakna Di Sekolah”. 2011.

Supriadi, dkk. “Mengintegrasikan Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Banten Pada Pendirian SD Laboratorium UPI Kampus Serang”. Mimbar Sekolah Dasar 3, : 2016.

Warsono dan Hariyanto. Pembelajaran Aktif Teori dan Assesmen. Bandung: Remaja Osdakarya, 2012.

Wijaya, Ariyadi. Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Yuberti, Penelitian dan Pengembangan yang Belum Diminati dan perspektifnya. ejournal.radenintan.ac.id/index.php/albiruni/article/download/69/6(12Mei 2018).

Downloads

Published

2022-10-30