ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PYTHAGORAS

Authors

  • Mia Handayani STKIP Modern Ngawi, Indonesia
  • Anwas Mashuri STKIP Modern Ngawi, Indonesia
  • Arum Dwi Rahmawati STKIP Modern Ngawi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.844

Keywords:

Kesulitan, Matematika, Pythagoras

Abstract

Tujuan dari penelitian ini merupakan untuk melihat seberapa sulit masalah Pythagoras bagi siswa kelas VIII MTS Ma'hadul Muta'allimin Katerban. Metode penelitian kualitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada filosofi postpositivis dan digunakan untuk menilai keadaan alam (bukan eksperimen) dengan menggunakan peneliti sebagai instrumen utama. Hasil dari penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan dalam memahami masalah, karena tidak mampu mengerjakan soal dengan menuliskan apa yang telah diketahuinya, dan tidak memahami konsepnya, sesuai dengan temuan penelitian ini. Mempersiapkan solusi merupakan tantangan karena ketidakmampuan siswa untuk merumuskan dan menerapkan rumus dengan benar. Kesulitan dalam mengimplementasikan rencana penyelesaian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriyah, N. (2019). Profil interaksi edukatif guru–siswa pada mata pelajaran matematika di SMA Negeri dan swasta Kota Mojokerto. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., Sudarso, A., Leuwol, N. V., Apriza, A., & Sahabuddin, A. A. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Heryaningsih, H., Asrori, M., & Sabri, T. (n.d.). PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS QUANTUM TEACHING DALAM PENANAMAN KEDISIPLINAN, KEJUJURAN, DAN TOLERANSI DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(5).

Irmayanti, I. (2020). Efektivitas Penerapan Bahan Ajar Cetak Handout Berbasis Pendekatan Scientific terhadap Hasil Belajar PAI Kelas VIII Peserta Didik di SMPN 2 Kajuara Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Ismayani, D. (2019). Hubungan antara kemampuan berbahasa indonesia dengan hasil belajar matematika pada pokok bahasan soal cerita kelas III Sekolah Dasar Negeri 3 Suradadi Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. UIN Mataram.

Nurani, N. E., & Khotimah, R. P. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Pada Pokok Bahasan Sistem Bilangan Riil. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). Peran orang tua dalam mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia 4-6 tahun. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 51–62.

Rahmadana, M. F., Purba, B., Purba, E., Syafii, A., Zaman, N., Irdawati, I., Simarmata, H. M. P., Sudarmanto, E., Basmar, E., & Kareth, M. A. C. (2021). Sejarah Pemikiran Ekonomi: Pemikiran dan Perkembangan. Yayasan Kita Menulis.

Rahmawati, F. D. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap Hasil Belajar Pemahaman Konsep dan Pemahaman Prosedur Matematika Kelas VII MTs Al Huda Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2013-2014.

Santoso, A. T. (2014). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Yang Berkaitan Dengan Bangun Datar Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011.

Siregar, N. F. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 1–14.

Downloads

Published

2022-10-30