KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN CRITICAL THINKING YANG DIPENGARUHI OLEH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING)

Authors

  • Siska Rahmawati Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Farida Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Novian Riakiana Dewi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.843

Keywords:

Critical thinking, komunikasi matematis, CORE

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE terhadap kemampuan komunikasi matematis dan Critical Thingking peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan untuk Teknik analisis data yang digunakan melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesisi (uji manova). instrument pada penelitian ini adalah tes yang diberikan kepada siswa sekolah menengah atas kelas X. Untuk pengambilan sampel menggunakan teknik  cluster random sampling. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  dan .  ditolak, dikarenakan nilai signifikansi sebesar  maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis dan critical thinking dipengaruhi oleh model pembelajaran Core

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, Siti, Tommy Tanu Wijaya, and Devi Yuspriyati. 2018. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Himpunan” 1 (1): 15–22.

Asma, Nur, Riani Siregar, and Lukman El Hakim. 2018. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE TERHADAP SMA NEGERI DI JAKARTA TIMUR” 11 (1).

Budi, Cahyono. 2017. “Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender.” Aksioma 8 (1): 52.

Fadillah, Ahmad. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika 1 (2): 1–12.

Konita, Mita, Mohammad Asikin, Tri Sri, and Noor Asih. 2019. “Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Model Pembelajaran Connecting , Organizing , Reflecting , Extending” 2: 611–15.

Susilawati, Endang, Agustinasari Agustinasari, Achmad Samsudin, Universitas Pendidikan Indonesia, Parsaoran Siahaan, and Universitas Pendidikan Indonesia. 2020. “Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA,” no. February. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453.

Ulfatun Nisa, Rini Setianingsih. 2019. “Hestu Tansil Laia1, Darmawan Harefa1, 2 STKIP Nias Selatan” 3 (2).

Downloads

Published

2022-10-30