PENGARUH MODEL SIMAS ERIC TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN LITERASI MATEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.842Keywords:
Model Pembelajaran SIMAS ERIC, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Literasi MatematisAbstract
Kemampuan komunikasi matematis dan literasi matematis perlu dikuasai oleh setiap peserta didik dalam proses belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Skimming, Mind Mapping, Questioning, Exploring, Writing, and Communicating (SIMAS ERIC) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan literasi matematis peserta didik. Penelitian berjenis Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial 2×2. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan tes kemampuan literasi matematis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas, uji Homogenitas, uji hipotesis Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan uji MANOVA, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran SIMAS ERIC terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran SIMAS ERIC terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran SIMAS ERIC terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan literasi matematis peserta didik.
Downloads
References
Darmawan, E., Zubaidah, S., Ristanto, R. H., Zamzami, M. R. A., & Wahono, B. (2020). Simas eric learning model (SELM): Enhance student’ metacognitive skill based on the academic level. International Journal of Instruction, 13(4), 623–642. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13439a
Farokhah, L., Nurmulia, F., Herman, T., Jupri, A., Pratiwi, V., Nurkaeti, N., & Abidin, Z. (2021). The improvement of mathematical communication ability of elementary school students through project-based learning using mind map technique. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012105
Hidayat, R., Roza, Y., & Murni, A. (2019). Peran Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kemandirian Belajar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 213–218. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5359
Hidayati, V. R., Wulandari, N. P., Maulyda, M. A., Erfan, M., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Literasi Matematika Calon Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah PISA Konten Shape & Space. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 1–10. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.
Istiqomah, Netriwati, & Putra, F. G. (2021). Model Simas Eric Berbasis Assessment for Learning Dan Self-Confidence?: Dampaknya Dan Interaksi Terhadap Pemecahan Masalah. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 80–94.
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910.
Kamilah, S., & Awalludin, S. A. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Autistik Berat dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 22–29.
Karmila, M., & Setiawan, D. C. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Simas Eric pada Materi Sistem Reproduksi untuk SMA Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 2(1), 250–255. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/908
Laia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Hestu. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463–474.
Sari, Y. A., Muhassin, M., Suri, I. R. A., & Putra, R. W. Y. (2020). Penerapan Cooperative Learning Tipe Tapps Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi Terhadap Penalaran Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas Viii Smp. Journal of Mathematics Education and Science, 3(2), 61–67. https://doi.org/10.32665/james.v3i2.140
Syam Pratomo, R. H., & Nur, S. M. (2021). Learning Model Simas Eric Alternative Solutions to Increase Learning Motivation. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 7(1), 195–207. https://doi.org/10.36987/jpbn.v7i1.2034