PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBANTUAN ALAT PERAGA PAPARAGA BARET UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS X SMK
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.841Keywords:
Alat Peraga, Minat Belajar, Model Pembelajaran saintifikAbstract
Penelitian ini membahas tentang pengembangan model pembelajaran saintifikberbantuan alat peraga paparaga baret untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran saintifik berbantuan alat peraga papan ular tangga pada materi barisan dan deret aritmatika. Alat peraga yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media menggunakan model pembelajaran saintifik dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran pada siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yaitu pengembangan model pembelajaran saintifik berbantuan alat peraga papan ular tangga. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4d yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, tetapi peneliti hanya menggunakan 3 langkah pengembangan yaitu (define, design, development). Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode angket dan soal pretest, posttest. Penelitian ini menghasilkan alat peraga berupa papan ular tangga barisan dan deret aritmatika. Hasil analisis tingkat kelayakan pada papan ular tangga barisan dan deret menunjukkan bahwa (1) Uji validitas dari ke 4 ahli menunjukkan rata-rata 79,07% sehingga alat peraga berupa paparaga baret masuk kedalam kategori valid. (2) Uji kepraktisan dilihat dari angket respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata 84,92%. (3) Uji keefektifan dinyatakan sangat efektif dilihat dari uji soal pretest dan posttes dengan nilai rata-rata 82,46% siswa yang tuntas. Sedangkan pada angket respon terhadap media untuk meningkatkan minat belajar siswa nilai rata-rata 55,94% menunjukkan bahwa minat belajar siswa tinggi. Dari ketiga uji dan respon terhadap media untuk meningkatkan minat yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa paparaga baret layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Downloads
References
Agus Suharjana. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika Yogyakarta.
Arikunto,S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Eko Putro Widoyoko. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nieveen dan Yamasari. 2010. Formative Evaluation in Educational Design Research (Educational Design Research:an Introduction). Netherlands: Netherlands Institute for Curriculum Development.
Sani, R. A. 2015. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Stivani, Dea. 2015. Evaluasi Media Pembelajaran Berbasis ICT (Validitas, Praktis, Efektif) Padang: PPS UNPAD.
Sudjana, Rivai dalam Azhar Arsyad. 2016. Media Pembelajaran.Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Thiagarajan Sivasailam, Dorothy S. Semmel dan Melvyn I. Semmel. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.