Meningkatkan Hasil Belajar melalui Youtube pada Materi Vektor Dimensi Tiga SMAN 1 Tibawa selama Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v4i2.558Keywords:
Hasil Belajar, YoutubeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui media pembelajaran Youtube pada materi vektor dimensi tiga di kelas X IPA-3 SMA N. 1 Tibawa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan yaitu model spiral. Hasil Penelitian, hasil belajar matematika siswa pada materi vektor dimensi tiga dapat ditingkatkan setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan Media Pembelajaran Youtube maka hipotesis dapat diterima. Dengan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 memperoleh nilai ketuntasan sebanyak 26 siswa atau sekitar 87% dan 4 siswa tidak tuntas atau sekitar 13,3%. Sehingga pada siklus 1 rata-rata hasil belajar matematika siswa sudah memenuhi indikator keberhasilan yaitu minimal 80% dan sudah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 75.
Downloads
References
Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
Kemenkes RI. 2021. Perkembangan COVID-19 di Indonesia. https://covid19.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/situasi-terkini-perkembangan-coronavirus-disease-covid-19-(1-juli-2021)
Listiani Widi. 2017. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 4. Jurnal Mitra Pendidikan.Volume 1, Nomor 6, Agustus 2017.
Maasrukhin R. Ahmad. 2019. Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika. Vol. 01. No. 02. April 2019. P-ISSN : 2657-1269. e-ISSN : 2656-9523.
Supardi, D. 2016. Kinerja Guru. Jakarta : Rajawali Pers.
Wigati, Sofyani dkk. 2018. Pengembangan Youtube Pembelajaran Berbasis KI Hadjar Dewantara untuk Materi Intergral di SMA. Jurnal Pendidikan. ISBN: 978-602-6258-07-6.
Yudhistira. 2013. Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK (Asli Perlu Ilmiah Konsisten). Jakarta: PT Grasindo
Yurniwati. 2019. Pembelajaran Aritmatika. Bandung : Remaja Rosdakarya.