Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII pada Masalah Kontekstual dalam Materi Koordinat Kartesius
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v4i2.557Keywords:
Kemampuan Komunikasi Matematis, Masalah KontekstualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikasn kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontektual pada materi koordinat kartesius. Penelitian deskripsi ini dilakukan di SMP Negeri 1 Batudaa, pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Alat pengumpulan data pada penelitian menggunakan tes soal uraian (essay) dan wawancara untuk memperkuat hasil data yang diambil. Pada indikator pertama ini kemampuan komunikasi matematis siswa memperoleh presentase 55,87%, artinya siswa masih mampu dalam menyatakan situasi kedalam bahasa matematika yang menyatakan suatu posisi, atau arah suatu masalah. Untuk indikator kedua, kemampuan komunikasi matematis siswa memperoleh presentase 91,13%, arinya siswa sangat mampu mengevaluasi situasi, ide matematika untuk menentukan suatu posisi ataupun arah suatu tempat yang ditanyakan dalam soal yang memuat masalah kontekstual. Sedangkan untuk indikator ketiga, kemampuan komunikasi matematis siswa memper oleh presentase 60,63%, artinya dibandingkan dengan indikator pertama, masih lebih banyak siswa yang mampu menjelaskan atau memberikan kesimpulan dari jawaban yang diperoleh dalam bentuk lisan ataupun tulisan, gambar/grafik dan aljabar.
Downloads
References
Arikunto,Suharmi.2013.Manajemen Pendidikan.Jakarta:PT Rineka Cipta
Arikunto,Suharmi.2009.Manajemen Pendidikan.Jakarta:PT Rineka Cipta
Darkasyi,Muhammad.2014.Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didakti Matematika. Vol 1. No. 1. ISSN: 2355-4185
Elia,Lis.2014.Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika.Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Vol. 1. ISSN :2355-0473
Haji,Saleh.2012.Pengaruh Pembelajaran Kontektual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Kota Bengkulu.Vol X. No.2. ISSN 1412-3617
Husna, dkk.2013.Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share.Jurnal Peluang.Vol.1 No.2. ISSN: 2302-5158
Indarti,Sri Mari.2014.Peran kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Matematika Serta Kemandirian Belajar Siswa SMA Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Matematika Pasca Sarjana STKIP Bandung. Vol.1. ISSN: 2355-0473
Johson, B.R. and Alibaba, M.W. 1999. Conceptual and Procedural Knowledge of Mathematics: Does one Lead to Other?. Journal of Educational Psychology, Vol 91, No.1. American Psychology
Lawadjo,Ayu Lestari.2017.Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa pada Materi Statistika Di Kelas IX SMP Negeri 12 Gorontalo.Skripsi.UNG.Tidakditerbitkan.
Lestari,K.E.,&Yudhanegara,M.R.2015.PenelitianPendidikan Matematika.Bandung:PT Refika Aditama
Pakaya, Steven,S.2019.Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Di Kelas IX Materi Kesebangunan dan Kekongruenan SMP Negeri 1 Limboto Tahun Ajaran 2018.Skripsi.UNG. Tidak diterbitkan.
Pintar, Kelas. 2020. Posisi Titik dan Garis Pada Koordinat Cartesius. https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/posisi-titik-dan-garis-pada-koordinat-cartesius-4357/.html. (26 Agustus 2020).
Purwanto,M.N.2012.Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Retna,Milda.2013.Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita DitinjauBerdasarkan Kemampuan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI. Vol.1 No.2. ISSN: 2337-8166
Sugiono.2010.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D.Bandung:CV Alfabeta
Sugiono.2010.Statistika Untuk Penelitian.Bandung:CVAlfabeta
Sundayana,Rostina.2015.Statistika Penelitian. Jakarta:Alfabeta
Supandi,H.2014. Komunikasi Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika.Vol.1. ISSN:2355-0473
Susanto,Ahmad.2013.Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Kencana PrenamediaGrup