Deskripsi Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v4i2.556Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Gaya KognitifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika di tinjau dari gaya kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 6 Gorontalo serta mengetahui hasil belajar peserta didik yang mempunyai gaya kognitif field independent lebih tinggi atau lebih rendah dari field dependent. penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian 30 siswa yang diambil secara acak. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes GEFT (Group Embedded Figure Test) dan tes objektif hasil belajar matematika. Adapun indikator yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa ada 4 yaitu : pengetahuan (C1), pemahaman (C2), dan aplikasi (C3), analisis (C4). Hasil penelitian menyatakan peserta didik yang mempunyai hasil belajar matematika pada kategori field independent sebagian besar sudah mampu menyelesaikan soal yang diberikan dan siswa pada kategori field dependent sebagian siswa belum bisa dalam menyelesaikan soal yang diberikan.
Downloads
References
Dwi, Rohmani. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Materi Pytagoras. 2020: 90-120.
Florentina, praba. Hubungan antara Gaya Kognitif Peserta Didik dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Eksponen dan Logaritma, Seminar nasional pendidikan STKIP kusuma negara. 2020 : 8-16
Habibi. Analisis Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Indonesian Journal of mathematics and natural sciences education, 2020; hal 9 –110
Jainuddin. Pengaruh minat dan kedisiplinan siswa dengan gaya kognitif field independent terhadap hasil belajar matematika siswa SMK farmasi yamasi Makassar: Delta Pi: Jurnal matematika dan pendidikan matematika, 2020: 120-131
Machmud, Tedy. 2013. Peningkatan Kemampuan Komunikasi, Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem-Centered Learning dengan Strategi Scaffolding. Disertasi pada sekolah pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia: tidak diterbitkan
Primaningsih, D. (2020). Penerapan U-Mat dan Jam Trigonometri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 1-11.
Rachmat, R., Nindiasari, H., & Fathurrohman, M. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science). 2020: 046-054.
Selvina, Mina, Tika, profil pemahaman konsep matematika bentuk aljabar pada siswa dengan gaya belajar kognitif field independent. Algoritma jurnal pendidikan matematika (AJME). 2021: 72-82
Son, A. L. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Intervensi Model Pengajaran dan Gaya Kognitif. Journal on Mathematics Education. 2020: 209-222.
Supriyono, R.A. 2017. Akuntansi Keperilakuan. Jakarta: Grasindo dan Gadjah Mada University Press
Uno, Hamzah. Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksaras, 2012
Winkel, Psikologi Pengajaran.Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 1998.