Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif‘ Terhadap Hasil Belajar‘Siswa Pada Materi‘Bola Kelas IX di SMP Negeri 2 Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v4i2.555Keywords:
Multimedia Pembelajaran Interaktif, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk membandingkan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarakan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dengan hasil belajar matematika siswa menggunakan media powerpoint. Hipotesis‘dalam penelitian ini adalah‘hasil belajar matematika siswa yang‘dibelajarkan dengan menggunakan‘multimedia pembelajaran interaktif lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang dibelajarakan dengan menggunakan powerpoint pada materi Bola kelas IX di SMP Negeri 2 Gorontalo. Populasi dalam penelitian‘ini adalah‘seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Gorontalo. pengambilan sampel dilakukan dengan‘teknik simple random sampling‘sehingga diperoleh untuk kelas eksperimen adalah kelas IX-7 dan‘untuk kelas kontrol‘adalah kelas IX-9 dengan jumlah siswa masing-masing sebanyak 30 orang. Dalam penelitian ini‘desain yang digunakan adalah‘pretest-postest control group design serta‘teknik pengumpulan data yang‘digunakan adalah berbentuk essay. Analisis inferensial‘dalam penelitian ini menggunakan‘uji ANAKOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar matematika siswa ‘yang dibelajarkan dengan‘menggunakan‘multimedia pembelajaran interaktif lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media powerpoint pada materi bola.
Downloads
References
Ferguson, G. A. 1989. Statistical Analysis in Psychology and Education. Singapore: Mc Graw. Hill International Book Company
Harini, A, W, & Sanjaya, R . 2010. Panduan Cepat Menguasai Powerpoint 2010. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Hasnida. 2004. Media Pembelajaran Kreatif. Jakarta: Luxima Metro Media.
Kustandi, C. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Muhlisrarini, A. H. D. 2014. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Novitasari Dian. 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia interaktif Terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pendidikan dan Matematika, Volume 2 Nomor 2, Hal. 8
Mujiani, D. S. 2016. Pengaruh Media pembelajaran dan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Dasar volume 7 edisi 2
Netter, J. 1974. Applied Linear Statistical Models. Illionis: Richard, D. Irwan. Inc
Putra, I. E. 2003. Teknologi media pembelajaran sejarah melalui pemanfaatan multimedia animasi interaktif. Jurnal TEKNOIF, Vol.1, No.2, Edisi Oktober 2013
Putra, S. D. 2017. Belajar Mandiri Addobe Flash CS6. Surabaya: CV. Garuda Mas Sejahtera
Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: KENCANA
Sinar. 2018. Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Sudjana, N. 2017. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sundayana, R. 2015. Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Bandung : Alfabeta.
Sundayana, R. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA
Surjono, H. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press
Suyanto, M . 2005. Multimedia. Yogyakarta : C.V andi offset.
Trianto. 2007. Model pembelajaran terpadu dalam teori dan praktek. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Wati, E . 2016 . Ragam media pembelajaran .Jakarta : Kata pena
Wibawanto, W. 2017 . Desain dan pemrograman multimedia pembelajaran interaktif . Jember : Cerdas Ulet Kreatif
Widjaya, Ardhi. 2013. Seluk Beluk Tunanetra & Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Javalitera.
Winarno, E, dkk. 2015. Grafik dan Animasi Profesional Powerpoint. Jakarta: PT Elex Media Kompitudo.
Zainiyati, H. S. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jakarta: Kencana