Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 2 Sukowono Tahun Pelajaran 2019/2020 Melalui Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Materi Himpunan

Authors

  • Didik Tri Puryanto SMP Negeri 2 Sukowono, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v4i2.553

Keywords:

hasil belajar, model TAI, himpunan

Abstract

Dengan semakin berkembangnya IPTEK menuntut sekolah sebagai sebuah lembaga pendidikan untuk selalu mengupdate dan mengupgrade kemampuan guru. Sebagai salah satu perwujudan pemikiran tersebut guru sebagai unsur terdepan dalam dunia pendidikan sudah selayaknya melakukan berbagai penelitian dalam rangka mencari model pembelajaran yang dapat benar-benar meningkatkan hasil belajar siswa. Telah banyak model-model pembelajaran yang ditemukan oleh para ahli namun tidak semuanya cocok diterapkan di setiap sekolah. Salah satu model yang dirasa cocok diterapkan di setiap sekolah adalah model TAI. Model ini tidak terlalu menuntut adanya fasilitas yang terlalu lengkap. Yang penting kondisi kelas heterogen maka model ini sudah dapat diterapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah  model pembelajaran TAI dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Sukowono Tahun 2019/2020 pada materi himpunan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII-C yang berjumlah 32 orang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan.  Penelitian didesain menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Pada setiap siklus siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 – 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada masing-masing siklus terjadi peningkatan hasil belajar yang terdiri dari peningkatan skor yang diperoleh dan peningkatan ketuntasan belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Hobri, 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jember : Pena Salsabila

Nana, Sudjana. 2006. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Priansa, Donni Juni. 2017. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik. Bandung : Pustaka setia

Rohana, D. 2012. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Melalui Metode Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Siswa Kelas VII-A SMP Islam Gandusari. Tulungagung: STAIN

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, Jakarta: Direktorat Jenderal PendidikanTinggiDepartemen Pendidikan Nasional

Soedjadi, Masalah Konstektual Sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah, Jakarta:DirektoratJenderalPendidikanTinggi, DepartemenPendidikanNasional, 2007.

Tatag, Y. 2008. Mengajar dan Meneliti. Surabaya: UNESA Press

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progessif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group

Yatim, Riyanto. 2008. Paradigma Pembelajaran .Surabaya: UNESA University Press

Downloads

Published

2021-10-05

Issue

Section

Articles