Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 2 Sukowono Tahun Pelajaran 2019/2020 Melalui Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Materi Himpunan
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v4i2.553Keywords:
hasil belajar, model TAI, himpunanAbstract
Dengan semakin berkembangnya IPTEK menuntut sekolah sebagai sebuah lembaga pendidikan untuk selalu mengupdate dan mengupgrade kemampuan guru. Sebagai salah satu perwujudan pemikiran tersebut guru sebagai unsur terdepan dalam dunia pendidikan sudah selayaknya melakukan berbagai penelitian dalam rangka mencari model pembelajaran yang dapat benar-benar meningkatkan hasil belajar siswa. Telah banyak model-model pembelajaran yang ditemukan oleh para ahli namun tidak semuanya cocok diterapkan di setiap sekolah. Salah satu model yang dirasa cocok diterapkan di setiap sekolah adalah model TAI. Model ini tidak terlalu menuntut adanya fasilitas yang terlalu lengkap. Yang penting kondisi kelas heterogen maka model ini sudah dapat diterapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran TAI dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Sukowono Tahun 2019/2020 pada materi himpunan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII-C yang berjumlah 32 orang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Penelitian didesain menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Pada setiap siklus siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 – 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada masing-masing siklus terjadi peningkatan hasil belajar yang terdiri dari peningkatan skor yang diperoleh dan peningkatan ketuntasan belajar siswa.
Downloads
References
Hobri, 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jember : Pena Salsabila
Nana, Sudjana. 2006. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Priansa, Donni Juni. 2017. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik. Bandung : Pustaka setia
Rohana, D. 2012. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Melalui Metode Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Siswa Kelas VII-A SMP Islam Gandusari. Tulungagung: STAIN
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, Jakarta: Direktorat Jenderal PendidikanTinggiDepartemen Pendidikan Nasional
Soedjadi, Masalah Konstektual Sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah, Jakarta:DirektoratJenderalPendidikanTinggi, DepartemenPendidikanNasional, 2007.
Tatag, Y. 2008. Mengajar dan Meneliti. Surabaya: UNESA Press
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progessif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group
Yatim, Riyanto. 2008. Paradigma Pembelajaran .Surabaya: UNESA University Press