Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa

Authors

  • Agnes Tanggu Hana IKIP Budi Utomo Malang, Indonesia
  • Yunis Sulistyorini IKIP Budi Utomo Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v4i2.550

Keywords:

koneksi matematis, gaya belajar

Abstract

 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah aritmetika sosial pada siswa bergaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Subjek penelitian merupakan siswa kelas VII SMP Negeri Satap Alanga yang terdiri dari satu siswa bergaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Instrumen penelitian terdiri dari angket gaya belajar, tes kemampuan koneksi matematis dan pedoman wawancara. Kemampuan koneksi matematis dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu menggunakan hubungan konsep-konsep matematika dalam memecahkan masalah matematika dan memecahkan masalah matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa siswa bergaya belajar visual mampu memenuhi satu indikator yaitu menggunakan keterkaitan konsep-konsep matematika dalam menyelesaikan masalah matematika yang diberikan, siswa bergaya belajar auditori belum mampu kedua indikator, dan siswa bergaya belajar kinestetik mampu memenuhi kedua indikator kemampuan koneksi matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anthony, G., & Walshaw, M. 2009. Characteristics of Effective Teaching of Mathematics: A View from the West. Journal of Mathematics Education, 2(2), 147-164.

Apipah, S. & Kartono. 2017. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Model Pembelajaran VAK dengan Self Assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6 (2), 148-156. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

BNSP (Badan Nasional Standar Pendidikan). 2006. Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006. Jakarta: BNSP.

DePorter, B. & Hernacki, M. 2013. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Learning.

Keliat, N. R. 2016. The Profile of Students’ Learning Styles and Their Effect on Grade Point Average (GPA) Achievement. Journal Educational Technology, 15 (2), 188-198. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Rosyaadah, T. K. & Susanah. 2018. Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Terkait dengan Materi Kubus dan Balok Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Mathedunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7 (3), 570-577. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Ruspiani. 2000. Kemampuan Siswa dalam Melakukan Koneksi Matematika. Unpublished Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Tasni, N. & Susanti, E. 2017. Membangun Koneksi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Verbal. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10 (1), 103-116. Mataram: UIN Mataram.

Yulian, F. Y., Santia, I. & Nurfahrudianto, A. 2020. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis pada Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Math Educator Nusantara, 6 (1), 65-73. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Downloads

Published

2021-10-05

Issue

Section

Articles