Model Pembelajaran ISSETCM2: Pengaruhnya Terhadap Penalaran Matematis dan Multiple Intelligences Siswa

Authors

  • Nur Sa’adah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Suherman Suherman Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Mujib Mujib Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Mardiyah Mardiyah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Komarudin Komarudin Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v4i2.549

Keywords:

Model pembelajaran Integrating Society, Science, Environment, Technology, and Collaborative Mind Mapping (ISSETCM2), Penalaran Matematis, Multiple Intelligences

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Integrating Society, Science, Environment, Technology, and Collaborative Mind Mapping (ISSETCM2) dan multiple intelligences siswa terhadap penalaran matematis. Quasi eksperimental design adalah jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian kuantitatif dengan desain post-test only control. Teknik sampling dilakukan secara acak (random sampling). Teknik pengumpulan data berupa soal tes uraian kemampuan penalaran matematis pada materi statistika dan angket multiple intelligences. Uji hipotesis dengan ANAVA dua jalan dengan taraf  siginfikan . Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran ISSETCM2 terhadap kemampuan penalaran matematis, tidak terdapat pengaruh multiple intelligences siswa terhadap kemampuan penalaran matematis, dan tidak terdapat interaksi model pembelajaran ISSETCM2 dan multiple intelligences siswa terhadap kemampuan penalaran matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, P., Nur, A., Syamsul, H., & Nita, A. 2020. The effects of the ECIRR learning model on mathematical reasoning ability in the curriculum perspective 2013: Integration on student learning motivation. European Journal of Educational Research, 9(2), 675–684.

Agustiana, N., Supriadi, N., & Komarudin. 2019. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dengan Penerapan Pendekatan Bridging Analogy Ditinjau dari Self-Efficacy. Inovasi Pembangunan?: Jurnal Kelitbangan, 7(1), 61. https://doi.org/10.35450/jip.v7i1.117

Astuti, T. P., Masykur, R., & Pratiwi, D. D. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Tandur Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis Peserta Didik. 7(2), 9.

Baaqeel, N. A. 2020. Improving Student Motivation and Attitudes in Learning English as a Second Language; Literature as Pleasurable Reading: Applying Garner’s Theory of Multiple Intelligences and Krashen’s Filter Hypothesis. Arab World English Journal, 4(1).

Faidah, N., Masykur, R., Andriani, S., & Haerlina, L. 2019. Realistic Mathematics Education (RME) Sebagai Sebuah Pendekatan pada Pengembangan Modul Matematika Berbasis Teori Multiple Intelligences Howard Gardner. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 328–332.

Hartinah, S., Suherman, S., Syazali, M., Efendi, H., Junaidi, R., Jermsittiparsert, K., & Umam, R. 2019. Probing-prompting based on ethnomathematics learning model: The effect on mathematical communication skill. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 799–814. https://doi.org/10.17478/jegys.574275

Komarudin, Pranata, D., Nurhasanah, U., & Suherman. 2020. Developing Islamic-Friendly Android Mobile Apps for Understanding Mathematical Concepts. 1st Raden Intan International Conference on Muslim Societies and Social Sciences (RIICMuSSS 2019), 110–117.

Kristanto, V. H. 2017. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Lesson Plan Berbasis Multiple Intelligence. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 25–34.

Laamena, C. M. 2013. Pembelajaran Matematika Dengan Multiple Intelligences (Kecerdasan Ganda) Untuk Menumbuhkan Nilai Karakter. FMIPA Universitas Pattimura (hal. 226-232). Ambon: Universitas Pattimura.

Lestari, I., & Andinny, Y. 2020. Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Methaporical Thinking Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Elemen, 6(1), 1–12.

Maryani, A., & Sudarisman, S. 2017. Pengembangan Modelintegrating Society, Science, Environment, Technology and Collaborative Mind Mapping (ISSETCM2) untuk Memberdayakan Literasi Lingkungan (Penelitian ini dilakukan Pada Materi Pencemaran Ditinjau dari Aspek Budaya). 6(1), 12.

Mujib, & Mardiyah. 2017. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Kecerdasan Multiple Intelligences. Al-Jabar?: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 187. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2024

Mujib, Mardiyah, & Suherman. 2020. STEM: Pengaruhnya terhadap Literasi Matematis dan Kecerdasan Multiple Intelligences. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 66–73.

Ndia, L., Solihatin, E., & Syahrial, Z. 2020. The Effect of Learning Models and Multiple Intelligences on Mathematics Achievement. International Journal of Instruction, 13(2), 285–302.

Nugroho, A. G., & Husni, M. 2020. Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dan Jigsaw Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 42–50.

Puspitasari, R. 2019. Pengaruh Metode Pembelajaran Whole Brain Teaching Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Multiple Intelligences Peserta Didik. UIN Raden Intan Lampung.

Rahmawati, N. K. 2017. Implementasi Teams Games Tournaments dan Number Head Together ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis. Al-Jabar?: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 121. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.1585

Rianti, R. 2018. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. 2, 11.

Ruslan, A. S., & Santoso, B. 2013. Pengaruh Pemberian Soal Open-Ended Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 4(2), 138–150.

Sener, S., & Çokçaliskan, A. 2018. An investigation between multiple intelligences and learning styles. Journal of Education and Training Studies, 6(2), 125–132.

Suharto, M. T., & Chotimah, S. 2018. Kemampuan Penalaran Matematik Siswa MTs. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 347. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p347-354

Suherman, S., Prananda, M. R., Proboningrum, D. I., Pratama, E. R., Laksono, P., & Amiruddin, A. 2020. Improving Higher Order Thinking Skills (HOTS) with Project Based Learning (PjBL) Model Assisted by Geogebra. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012027

Sumartini, T. S. 2015. Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10.

Wiasti, S. R. 2018. PENGARUH PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DITINJAU DARI SELF REGULATION SISWA KELAS X SMAN 12 BANDAR LAMPUNG. UIN Raden Intan Lampung.

Yulistiana. 2015. Penelitian Pembelajaran berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dalam Pendidikan Sains. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Yunianto, T., Suyadi, S., & Suherman, S. 2020. Pembelajaran abad 21: Pengaruhnya terhadap pembentukan karakter akhlak melalui pembelajaran STAD dan PBL dalam kurikulum 2013. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(2), 203–214.

Yusnita, I., Maskur, R., & Suherman. 2016. Modifikasi model pembelajaran Gerlach dan Ely melalui integrasi nilai-nilai keislaman sebagai upaya meningkatkan kemampuan representasi matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 29–38.

Downloads

Published

2021-10-05

Issue

Section

Articles