Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Matriks Kelas XI
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v4i2.546Keywords:
Inkuiri, Hasil Belajar, MatriksAbstract
Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika sering masih jauh dari yang diharapkan guru. Terbukti masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) yang telah ditentukan. Pembelajaran di masa pandemi merupakan tantangan tersendiri bagi guru dalam mengajar danĀ mengembangkan metode pembelajaran sehingga matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan. Inkuiri merupakan salah satu model pembelajaran yang membuat siswa aktif dan menyenangkan. Dalam model pembelajaran inkuiri siswa diminta menemukan konsep melalui percobaan pada materi matriks kelas XI NKN1 di SMKN 4 Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung. Penelitian tindakan dilakukan dalam penelitian ini didapatkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan persentase ketuntasan siswa. Hasil belajar siswa pada siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 secara berturut-turut adalah 70,83; 75,38; dan 80,30. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 4,55 dan dari siklus 2 ke siklus 3 sebesar 4,92. Selain hasil belajar, penggunaan model pembelajaran inkuiri juga dapat meningkatkan persentase ketuntasan belajar siswa yaitu persentase pada siklus 1 sebesar 63,64%, pada siklus 2 sebesar 78,79% dan pada siklus 3 sebesar 87,88%.
Downloads
References
Dewi Nuharini dan Tri Wahyuni. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya 2. Jakarta: Depdiknas
Enjah Takari R. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Genesindo
M. Sobry Sutikno. 2014. Metode dan Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica
Nuniek Avianti. Mudah Belajar Matematika Untuk Kelas XI SMK/MTs. Jakarta: Depdiknas
Paizaluddin dan Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research) Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta
Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar Melalui Pemahaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama
Skinner. 1973. Science and Human Behaviour. New York. MC: Milan
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Suke Silverius. 1991. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: Grasindo
Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Beorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Wina Sanjaya.2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group