Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif

Authors

  • Nurul Mahfiroh Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Mustangin Mustangin Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Tri Candra Wulandari Universitas Islam Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v4i1.464

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi kubus dan balok ditinjau dari gaya kognitif peserta didik kelas VIII MTs Unggulan An-Nur Putri Bululawang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan tes GEFT (Group Embedded Figure Test) untuk mengetahui gaya kognitif peserta didik dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Subjek penelitian adalah 4 peserta didik yang dipilih berdasarkan hasil tes GEFT yaitu 2 peserta didik bergaya kognitif field independent dan 2 peserta didik bergaya kognitif field dependent. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) subjek dengan gaya kognitif field independent memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kategori baik, yaitu memiliki skor 100 dan 91, (2) subjek dengan gaya kognitif field dependent memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kategori kurang, yaitu memperoleh skor 15.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifah, N., & Aripin, U. 2018. Proses Berpikir Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematik Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 505–512.

Andriani, A. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Mahasiswa FMIPA Pendidikan Matematika Melalui Model Pembelajaran Improve. Jurnal Tarbiyah, 23(1), 95.

Estiningrum, T., Hidayati, D. W., & Wahyuni, A. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Implementasi Pogil Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 3(2), 69–75.

Hajar, S., Bernard, H., & Djam’an, N. 2018. Karakteristik Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Mathematics Education, 2(1), 92–99.

Hardianto, & Seno, E. N. 2018. Deskripsi Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Berdasarkan Gaya Kognitif. Prosiding Seminar Nasional, 3(1), 371–385.

Mustangin. 2020. Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Penerbit Kota Tua.

Prabawa, E. A., & Zaenuri. 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa pada Model Project Based Learning Bernuansa Etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 120–129.

Rahmmatiya, R., & Miatun, A. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Jurnal Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187–202.

Siahaan, E. M., Dewi, S., & Said, H. B. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori POLYA Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent pada Pokok Bahasan Trigonometri Kelas X SMA N 1 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 100–110.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhatini, P. U., Trapsilasiwi, D., & Yudianto, E. 2019. Profil Pemecahan Masalah Siswa dalan Memecahkan Masalah SPLDV Berdasarkan Tahapan POLYA Ditinjau dari Gaya Kognitif FI dan FD. Jurnal Kadikma, 10(1), 35–44.

Sukrening, E., Lambertus, Kodirun, & Busnawir. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 5(1), 1–12.

Umrana, Cahyono, E., & Sudia, M. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 67–76.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2007. Jakarta: Visimedia.

Vendiagrys, L., Junaedi, I., & Masrukan. 2015. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Setipe TIMSS Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(1), 34–41.

Wulan, E. R., & Anggraini, R. E. 2019. Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent sebagai Jendela Profil Pemecahan Masalah Polya dari Siswa SMP. Jurnal Focus Action of Research Mathematic, 1(2), 123–142.

Zhang, L., & Sternberg, R. J. 2006. The Nature of Intellectual Styles. United States of America: Lawrence Erlbaum Associates.

Downloads

Published

2021-05-03

Issue

Section

Articles