Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Watson dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Lingkaran Ditinjau dari Adversity Quotient Siswa SMP Darul Aitam Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v4i1.463Keywords:
Adversity Quotient, Kesalahan Siswa, Prosedur Kesalahan WatsonAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesikan soal materi keliling dan luas lingkaran ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) siswa. Terdapat 3 tipe AQ yaitu Climbers (tinggi, cukup), Campers dan Quitters (kurang, rendah). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa Angket (AQ), tes tertulis berjumlah 9 soal uraian dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Darul Aitam Palembang, dengan subjek seluruh siswa kelas IX.3 berjumlah 30 orang siswa untuk dianalisis jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi keliling dan luas lingkaran berdasarkan AQ yang mereka milliki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa yang memiliki AQ pada tipe Climbers melakukan kesalahan manipulasi tidak langsung (undirected manipulation/UM) dalam proses menyelesaikan soal yang diberikan, 2) siswa yang memiliki AQ tipe Campers melakukan kesalahan yaitu data tidak tepat (inappropriate data/IN), kesimpulan hilang (omitted conclusion/ON), manipulasi tidak langsung (undirected manipulation/UN), kesimpulan tidak tepat (above other/AO). 3) siswa yang memiliki AQ tipe Quitters melakukan kesalahan data tidak tepat (innappropriate data/IN), prosedur tidak tepat (inappropriate procedure/IP), data hilang (omitted data/OD), masalah hirarki keterampilan (skills hierarchy problem/SHP), kesimpulan hilang (omitted conclusion/OC), konflik level respon (response level conflict/RLC), manipulasi tidak langsung (undirected manipulation/UN) dan kesimpulan tidak tepat, tidak menjawab soal (above other/AO).
Downloads
References
Azwar, S. 2015. Penyusuanan Skala Psikologi Edisi 2 . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hidayat, W., & Sarinigsih, R. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, Vol.2(1) : 112-113.
Matore, M. a. 2015. The Influence of AQ on The Academic Achievement among Malaysian Polytechnic Student. International Education Studies, Vol.8(6) : 69-74.
Nur'aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. 2017. Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Jurnal Matematika, Vol.16(2) : 1-6.
Pratiwi, Y. C. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP dalam Pembelajaran Creative Problem Solving Ditinjau Dari Adversity Quotient. Skripsi, 1-326.
Saputri, R. R., Sugiarti, T., Murtikusuma, R. P., Trapsilasiwi, D., & Yudianto, E. 2018. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau Dari Perbedaan Gender Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Kadikma, Vol.9(2), 59-68.
Sari, I. W. 2018. Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Widyaloka ,Vol. 5(2), 142.
Stoltz, P. G. 2000. Adversity Quotient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Grasindo
Wardiana, I. e. 2014. Hubungan antara Adversity Quotient (AQ) dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD di Kelurahan Pendungan. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.2(1) : 24-34.