Pengaruh Platform Pembelajaran Daring Youtube Terhadap Kemampuan Matematis di Masa Pandemik Covid-19

Authors

  • Nuraini Sri Bina Universitas Potensi Utama, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v4i1.461

Keywords:

Kemampuan Matematis, Pembelajaran Daring, Youtube

Abstract

Pembelajaran daring adalah salah satu kebijakan pemerintah untuk mengurangi jumlah penduduk yang terinfeksi virus corona di Indonesia. Sejak diberlakukan kebijakan tersebut, tenaga pendidik memanfaatkan media pembelajaran daring untuk membantu proses pembelajaran. Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan platform Youtube sebagai media pembelajaran online terhadap kemampuan matematis merupakan tujuan dari penelitian ini. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dengan SPSS. Sebelum uji Wilcoxon, kenormalan dan kehomogenitasan datanya diuji terlebih dahulu. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif penggunaan platform Youtube terhadap kemampuan matematis. Rata-rata kemampuan matematis setelah menggunakan media pembelajaran daring Youtube meningkat. Respon mahasiswa terhadap media pembelajaran daring Youtube sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. 2020. Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Garmendia, A., Beltrán, R., Zornoza, C., Breijo, F., Reig, J., Bayona, I., & Merle, H. 2019. Insect repellent and chemical agronomic treatments to reduce seed number in ‘Afourer’ mandarin. Effect on yield and fruit diameter. Scientia Horticulturae, 246(June 2018), 437–447. https://doi.org/10.1016/j.scienta.2018.11.025

Giasson, O. R., de Lima, E. P., da Costa, S. E. G., Oliveira, G. A., & de Oliveira, A. M. B. 2019. Homogeneity aspects of sustainability disclosure: A study on ocepar, Brazil. Procedia Manufacturing, 39(2019), 665–674. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.01.441

Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. 2020. Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. 1(2), 61–70.

Harahap, M. S., & Nasution, S. R. A. 2019. Penerapan Flipped Classrom Berbasis Youtube di Prodi Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Jurnal Education and Development, 7(3), 1–6.

Hartono, W., & Noto, M. S. 2017. Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis pada Perkuliahan Kalkulus Integral. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 320. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.616

Mujianto, H. 2019. Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159. www.journal.uniga.ac.id

Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. 2015. Creative Thinking Ability in Solving Open-Ended Mathematical Problems Viewed From the Level of Mathematics Ability of Elementary School Students. PEDAGOGIA: Journal of Education, 4(1), 23–33.

Pambudi, R., Afghohani, A., & Farahsanti, I. 2018. Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017 / 2018. Jurnal Pendidikan, 28(2), 175–182.

Panggabean, S., dan Holomuan, T. H. 2018. Pengaruh Media E-Learning Berbasis Youtube Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Real Prodi Pendidikan MATEMATIKA FKIP UMSU. Seminar Nasional Matematika Dan Terapan, 1, 25–30. https://bulletin.indoms-acehsumut.org/index.php/simantap/article/view/144

Ryoo, Y., Yu, H., & Han, E. 2021. Political Youtube Channel Reputation (PYCR): Development and Validation of a Multidimensional Scale. Telematics and Informatics, March, 101606. https://doi.org/10.1016/j.tele.2021.101606

Tumurun, S. W., Gusrayani, D., & Jayadinata, A. K. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 101–110. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2936

Umam Zaid Nugroho, K., Widada, W., & Herawaty, D. 2019. Pemahaman Konsep Matematika melalui Media Youtube dengan Pendekatan Etnomatematika. Jpmr, 04(01), 96–106. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Warren, C. J., Sawhney, R., Shah, T., Behbahani, S., & Sadeghi-Nejad, H. 2021. Youtube and Men’s Health: A Review of the Current Literature. Sexual Medicine Reviews, February. https://doi.org/10.1016/j.sxmr.2020.09.002

Yunus, N. R., & Rezki, A. 2020. Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083

Zahrotunnimah, Z. 2020. Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona Covid-19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 247–260. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15103

Downloads

Published

2021-05-03

Issue

Section

Articles