Persepsi Mahasiswa Terhadap Aplikasi Daring pada Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v4i1.459Keywords:
Persepsi, Aplikasi Daring, Pembelajaran MatematikaAbstract
Kondisi pandemi Covid-19 ini berdampak pada dunia pendidikan. Pembelajaran diharuskan menggunakan sistem daring (dalam jaringan). Daring ini termasuk sistem pembelajaran baru sehingga pengajar perlu mengetahui persepsi yang diajar terkait pembelajaran daring yang diterapkan. Terlebih pada pembelajaran matematika yang membutuhkan penjelasan mengenai cara-cara penyelesaian suatu masalah. Matematika perlu perlakuan yang khusus jika dibandingkan dengan materi non matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap aplikasi daring pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif berdasarkan angket respons yang diisi oleh mahasiswa. Bentuk datanya ada dua macam yaitu bentuk data yang bisa diubah ke bentuk persentase dan bentuk narasi yang akan dideskipsikan secara naratif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa respons pilihan terkait pilihan aplikasi daring yang paling dominan adalah melalui aplikasi Whatshapp karena aplikasi ini memiliki kelebihan terkait mudahnya menangkap sinyal sehingga terjangkau untuk berbagai kondisi mahasiswa. Selain itu persepsi mahasiswa terhadap aplikasi pembelajaan daring yang dapat menjaga kualitas pembelajaran adalah gabungan atau kombinasi dari berbagai aplikasi sesuai kondisi materi yang dipelajari.
Downloads
References
Handarini, Oktafia Ika. 2020. Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study from Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3), 496-503.
Hanum, N.S. 2013. Keefektifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90-102.
Harahap, S.A., dkk. 2021. Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang Tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi, 5(2).
Jannah, R. dan Harri S. 2021. Tingkat Stress Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 130-146.
Kristina, M., dkk. 2020. Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Provinsi Lampung. Jurnal Idaarah, 4(2), 200-209.
Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid 19 pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Al Asma, 2(1), 1-12.
Mustofa, M.I., M. Chodzirin, dan Lina S. 2019. Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 2(2), 151-160.
Nguyen, Tuan. 2015. The Effectiveness of Online Learning: Beyond No Significant Difference and Future Horizons. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 11(2), 309-319.
Rosali, Ely Satiyasih. 2020. Atifitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Jurnal Geosee, 1(1), 21-30.
Sadikin, Ali dan Afreni Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid 19. Jurnal BIODIK, 6(2), 214-224.
Sofyana, Latjuba dan Abdul Rozaq. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatshapp pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal JANAPATI, 891), 81-86.
Sulha. 2020. Penerapan Montessori dalam Pembelajaran Matematika melalui Luring sebagai Alternatif Masa Pandemi.Jurnal Prismatika, 3(1), 22-30.
Sutini, dkk. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring dengan Menggunakan E-Learning Madrasah terhadap Optimalisasi Pemahaman Matematika Siswa. JRPM: Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 5(2), 124-136.
Waryanto, Nur Hadi. 2006. On-line Learning sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Jurnal Pythagoras, 2(1), 10-23.