Mengkaji Hasil Evaluasi Calon Pendidik Matematika pada Keterampilan Mengajar dalam Micro Teaching

Authors

  • Lutfiyah Lutfiyah IKIP PGRI Jember
  • Eric Dwi Putra IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.382

Keywords:

Hasil Evaluasi, Keterampilan Mengajar, Micro Teaching

Abstract

Micro Teaching membantu calon pendidik untuk menyiapkan diri sebelum melaksanakan praktek pengalaman lapangan, selain itu merupakan dasar kesiapan diri dalam menyongsong masa depan sebagai guru yang professional. Tujuan dari penelitian, untuk mengetahui secara detail capaian persentase rendah yang terdapat pada 4 indikator dari hasil evaluasi calon pendidik matematika pada keterampilan mengajar dalam Micro Teaching. Jenis penelitian ini deskriprtif kualitatif, Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi, dokumentasi. Analisa data yang digunakan berdasarkan model Miles and Huberman, aktivitas yang dilakukan dengan cara reduksi data, display data dan Kesimpulan. Hasil penelitian bahwa keempat indikator keterampilan mengajar yaitu: 1. Penguatan berupa simbol, 2. Pemberian bantuan, 3. Menganalisis pandangan siswa, 4. Mengorganisasi, M1 dalam evaluasi I dan evaluasi II tidak melakukan keempat indikator tersebut, sedangkan M2 tidak melakukan indikator 1 dan 2 sedangkan indikator 3 dan 4 dilakukan tetapi tidak pada setiap evaluasi. Kesimpulan dari hasil evaluasi calon pendidik matematika pada keterampilan mengajar dari keempat indikator dengan capaian persentase rendah saat praktek Micro Teaching, diakibatkan kelalaian dalam menyampaikan indikator keterampilan mengajar, bukan disebabkan ketidakpahaman praktikan terhadap masing-masing indikator

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardi M. 2014. Pelaksanaan Pembelajaran Micro Teaching Bagi Mahasiswa Program Studi PPKn STKIP-PGRI Pontianak. Jurnal Edukasi. 1(1). 75-84

Aryulina D. 2010. Penerapan Lesson Study Pada Microteaching Bagi Calon Guru Biologi. Jurnal Forum Pendidikan. 30(1). 14-19

Asril Z. 2013. Micro Teaching Disertai Dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada

Handhika J. 2016. Dampak Pelaksanaan Pengajaran Mikro Beorientasi Pada Penguasaan Materi Terhadap Kualitas Mengajar MahasiswaPPL. Jurnal JPFK. 2(2). 78-83

Mansyur. 2017. Keterampilan Dasar Mengajar dan Penguasaan Kompetensi Guru. Jurnal El-Ghiroh. 7(1). 131-146

Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suyanto & Jihad A. 2013. Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta : Erlangga

Downloads

Published

2020-10-31

Issue

Section

Articles