Mengkaji Hasil Evaluasi Calon Pendidik Matematika pada Keterampilan Mengajar dalam Micro Teaching
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.382Keywords:
Hasil Evaluasi, Keterampilan Mengajar, Micro TeachingAbstract
Micro Teaching membantu calon pendidik untuk menyiapkan diri sebelum melaksanakan praktek pengalaman lapangan, selain itu merupakan dasar kesiapan diri dalam menyongsong masa depan sebagai guru yang professional. Tujuan dari penelitian, untuk mengetahui secara detail capaian persentase rendah yang terdapat pada 4 indikator dari hasil evaluasi calon pendidik matematika pada keterampilan mengajar dalam Micro Teaching. Jenis penelitian ini deskriprtif kualitatif, Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi, dokumentasi. Analisa data yang digunakan berdasarkan model Miles and Huberman, aktivitas yang dilakukan dengan cara reduksi data, display data dan Kesimpulan. Hasil penelitian bahwa keempat indikator keterampilan mengajar yaitu: 1. Penguatan berupa simbol, 2. Pemberian bantuan, 3. Menganalisis pandangan siswa, 4. Mengorganisasi, M1 dalam evaluasi I dan evaluasi II tidak melakukan keempat indikator tersebut, sedangkan M2 tidak melakukan indikator 1 dan 2 sedangkan indikator 3 dan 4 dilakukan tetapi tidak pada setiap evaluasi. Kesimpulan dari hasil evaluasi calon pendidik matematika pada keterampilan mengajar dari keempat indikator dengan capaian persentase rendah saat praktek Micro Teaching, diakibatkan kelalaian dalam menyampaikan indikator keterampilan mengajar, bukan disebabkan ketidakpahaman praktikan terhadap masing-masing indikator
Downloads
References
Aryulina D. 2010. Penerapan Lesson Study Pada Microteaching Bagi Calon Guru Biologi. Jurnal Forum Pendidikan. 30(1). 14-19
Asril Z. 2013. Micro Teaching Disertai Dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada
Handhika J. 2016. Dampak Pelaksanaan Pengajaran Mikro Beorientasi Pada Penguasaan Materi Terhadap Kualitas Mengajar MahasiswaPPL. Jurnal JPFK. 2(2). 78-83
Mansyur. 2017. Keterampilan Dasar Mengajar dan Penguasaan Kompetensi Guru. Jurnal El-Ghiroh. 7(1). 131-146
Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suyanto & Jihad A. 2013. Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta : Erlangga