Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Pemberian Tugas Google Form Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.379Keywords:
Google Form, Hasil Belajar, Pandemi Covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan efektivitas pembelajaran matematika menggunakan media pemberian tugas Google Form di masa pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 1 Tajinan Malang dengan jumlah 252 siswa. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa yang tuntas mencapai 75.4% dan berada pada klasifikasi baik; respon siswa terhadap pemberian tugas Google Form berada pada kategori baik. Sehinga dari kedua kategori bisa diambil kesimpulan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan media pemberian tugas Google Form dimasa pandemi Covid-19 dikatakan efektif
Downloads
References
Lutfiyah & Sulisawati, D.N. 2019. Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Berbasis E-Learning. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education. Vol 2 No 1 Januari-Juni 2019 hal 58-65. Disajikan di https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JUDIKA/article/view/716/429. Diakses 20 September 2020.
Nasiroh, D. (2014). Pengembangan Model dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Barisan dan Deret untuk Peserta didik SMP Terbuka Kelas IX. Skripsi. Yogyakarta: FMIPA.
Putra, E.D., & Amalia, R. 2019. Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Nalaria Realistik. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 7, No 2, Juli 2019 hal 61-73. Disajikan di http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/1801/1122. Diakses 10 September 2020.
Santoso, P.B. 2019. Efektivitas Penggunaan Media Penilaian Google Form Terhadap Hasil Belajar Pelajaran TIK. Prosiding Seminar Nasional: Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. disajikan di https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5711/2767. Diakses 09 November 2020.
Sianipar, A.Z. 2019. Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kepuasan Pelayanan Mahasiswa. Journal of Information System, Apllied, Management, Acoounting and Research Vol 3 No 1 Februari 2019 hal 16-22. Disajikan di http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/72/67 diakses 20 oktober 2020.
Surya, M. (2004). Psikologi pembelajaran & pengajaran. Bandung, Indonesia: Pustaka BaniQuraisy.
Trianto, 2011. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksa