Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.377Keywords:
Modul, Kontekstual, Sistem Persamaan Linear Dua VariabelAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan modul dengan pendekatan kontekstual pada materi persamaan linear dua variabel untuk siswa SMP kelas VIII. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul yang valid dan praktis sehingga layak digunakan. Penelitian ini mengacu model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian validasi dan angket respons siswa. Subjek penelitian adalah siswa SMPN 16 Malang kelas VIII. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa rata-rata skor hasil validasi adalah 3.04 pada rentang skor skala 4. Dengan demikian dikatakan bahwa modul memenuhi kriteria valid. Berdasarkan hasil angket respons siswa diketahui bahwa skor rata-ratanya adalah 3.70 pada rentang skor skala 4. Dengan demikian dikatakan bahwa modul memenuhi kritetia sangat baik dan praktis untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, semua aspek penilaian modul yang meliputi aspek materi, penyajian, bahasa, dan keterkaitan materi dengan dunia nyata dapat disimpulkan bahwa modul tersebut valid dan praktis
Downloads
References
Gunawan, A., & Sapto, A. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Budaya Lokal Di Madura. Jurnal Pendidikan, 2(6), 867–873.
Jasmani, S. M. S.-P., Keolahragaan, F. I., Jasmani, D. S.-P., & Keolahragaan, F. I. (N.D.). Pengaruh Pengembangan Pembelajaran Renang Gaya Dada Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada ( Studi Pada Siswa Kelas Va Sd Negeri Durung Banjar Sidoarjo ) Anggara Putra Priwardana Setiyo Hartoto Abstrak. 195–198.
Kadir, Abdul. (2013). Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah. Dinamika Ilmu, 13(1), 17–38. Http://Journal.Iain Samarinda.Ac.Id/Index.Php/Dinamika_Ilmu/Article/View/20
Khasinah, S. (2013). Hakikat Manusia Menurut Pandangan Islam Dan Barat. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2), 296–317. Https://Doi.Org/10.22373/Jid.V13i2.480
Krissetyanti, E. P. L. (2013). Penerapan Strategi Manajemen Talenta Dalam Pengembangan Pns The. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Pns, 7(1), 1–15.
Lubis, M. S., Syahrul, R., & Juita, N. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran
Bahasa Indonesia Berbantuan Peta Pikiran Pada Materi Menulis Makalah Siswa Kelas Xi Sma/Ma. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajaran, 1(October), 2016.
Masalubu, S. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual (Ctl) Pada Pembelajaran Pai Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas V Sdn 01 Duhiadaa. Ilmu Pendidikan Nonformal, 04(02), 121–128. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004
Mina Syanti Lubis, Syahrul R, N. J. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbantuan Peta Pikiran Pada Materi Menulis Makalah Siswa Kelas Xi Sma/Ma Mina. Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, Xvi(1), 64–78.
Ngatiran. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Al-Quran (Analisis Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 186. Jurnal Pendidikan Gur, 2, 212–220. Https://Pigur.Ejournal.Unri.Ac.Id/Index.Php/Pigur/Article/View/5453/5095
Zamzam, K.F, S. Napfah, dan A.P. Anugraini. 2018. Persepsi Mahasiswa terhadap LKM Geometri Transformasi Berbasis Discovery Learning dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6 (1), 65-69.