Penerapan Pembelajaran Online dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas XI MM 3 SMKN 5 Malang
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.376Keywords:
Aktivitas Belajar, Pembelajaran Daring, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran online pembelajaran berbasis masalah yang dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran matematika siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MM 3 SMKN 5 Malang yang berjumlah 7 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, pada fase orientasi, mengembangkan dan menyajikan karya, serta analisa dan refleksi melalui penerapan PBL, siswa menjadi lebh aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan. Hal ini merupakan bentuk keaktifan belajar lisan. Terlihat melalui penerapan PBL pada pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa khususnya pada aktivitas lisan siswa. Peningkatan bentuk aktivitas siswa juga terlihat pada fase mengorganisasi peserta didik dan penyelidikan individu, peningkatan aktivitas yang tampak pada fase ini lebih pada aktivitas menulis.
Downloads
References
N., N. R., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendektan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241–250.
Priansa, D. J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Rahayu, S., & Prayitno. (2005). Penggunaan Srategi Pembelajaran Learning Cycle-Cooperative 5E (LCC-5E) untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran di SMA. In Seminar Nasional MIPA dan Pembelajarannya & Exchange Experience of IMSTEP-JICA.
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Sri Giarti. 2014. Peningkatan Keterampilan Proses Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Terintegrasi Penilaian Autentik Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Bengle, Wonosegoro. Scholaria, Vol. 4, No. 3, September 2014: 1 3-27
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Widodo, & Widayanti, L. (2013). Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIIA MTS Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Jurnal Fisika Indonesia, XVII(April), 32–35.
Zaenuri, Imam, F., & Nugroho, S. E. (2020). The effectiveness of problem based learning ( PBL ) model with ethnomatematics to improve mathematics literation ability of high school students The effectiveness of problem based learning ( PBL ) model with ethnomatematics to improve mathematics literati. Journal of Pysics: Conference Series, 1567. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022086