Pengenalan Angka Menggunakan Permainan Puzzle dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Emosi dan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini di Play Group Se-Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.314Keywords:
Puzzle, Perkembangan Emosi, Kemampuan Motorik HalusAbstract
Permainan puzzle merupakan media sederhana yang dimainkan dengan cara bongkar pasang. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari permainan puzzle adalah perkembangan emosi dan kemampuan motorik halus terhadap anak usia dini. Perkembangan emosi dan kemampuan motorik halus anak usia dini merupakan faktor penting untuk menunjang rasa percaya diri anak baik untuk lingkungan sekolah maupun rumah. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa dari 64 Play Group yang ada di Kecamatan Sumbersari menunjukkan bahwa kurang maksimalnya penggunaan media puzzle baik untuk kegiatan di sekolah maupun dirumah. Untuk meningkatkan perkembangan emosi dan kemampuan motorik halus anak usia dini perlu dioptimalkan dalam permainan puzzle. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: “Adakah pengaruh permainan puzzle secara bersama-sama terhadap perkembangan emosi dan kemampuan motoric halus anak usia dini di Play Group Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2018-2019?. Subjek penelitian ini adalah 72 siswa dari 64 sekolah di Play Group Kecamatan Sumbersari, dengan menggunakan observasi, angket, dokumentasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan datanya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap perkembangan emosi dan kemampuan motoric halus anak usia dini dengan menerapkan permainan puzzle. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang diberikan kepada peneliti bagi kepala sekolah, pembimbing maupun orang tua agar dapat menerapkan permainan puzzle baik untuk meningkatkan perkembangan emosi dan kemampuan motorik halus anak.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian, : PT. Rineka Cipta.
Baharuddin, 2009. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan, Jogyakarta : Ar – Ruzz Media.
Catron, Carol.E dan Allen, J. 1999. Early Childhood Curicculum : A Creative Play Model, 2nd Edition, New Jersey : Merill Publication.
Direktorat PAUD. 2004. Acuan Menu Pembelajaran pada Kelompok Bermain. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : Direktorat PAUD.
Grafura, Lubias. 2011. Permainan Edukatif, Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.
Gordon, Ann, Miles, dan Browne, Kathryn Williams. 1999. Beginning dan Beyond : Foundations in Early Childhood Educations, New York : Delmars Publishing Inc.
Hamalik, Oemar. 1989. Media Pendidikan, Bandung : Citra Aditya Bakti
Hasan, I. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta : Ghalia Indonesia.
Hidayah, Rifa. 2009. Psikologi Pengasuhan Anak. Malang : Sukses Offset.
Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.
Margono, Gatot. 2014. Pembelajaran Berbasis Permainan Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di PAUD Permataku Kota Palu, Malang.
Mutiah, Diana. 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini, Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Morrison, George. S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan, Jakarta : PT. Indeks.
Padmenodewo, Soemiarti. 2003. Pendidikan anak Prasekolah. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Pramono, Titin S. 2012. Permainan Asyik Bikin Anak Pintar, Yogyakarta : IN AzNa Books.
Putra, Nusa, 2012. Penelitian Kualitatif PAUD, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Saleh, S. 2001. Statistik Induktif Edisi Revisi, Yogyakarta : Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN.
Sunarto. 2006. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta : Rineka Cipta.
Suryabrata, S. 2006. Metodologi Penelitian, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sora, 2015. Pengertian Populasi dan Sampel Serta Teknik Sampling, Maret.
Umar, Husein. 2008. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi Kedua, Jakarta : Pt. Raja Grafindo Persada.
Wardani, Dani. 2009. Bermain Sambil Belajar, Jakarta : Edukasia.
Yulianty, Rani. 2009. Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : Kencana.
Yulianty, Rani. 2013. Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak, Jakarta : Niaga Swadaya.