Kemampuan Berpikir Logis Matematis Materi Pecahan pada Siswa Berkemampuan Awal Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.312Keywords:
Berpikir Logis Matematis, Kemampuan Awal Tinggi, PecahanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir logis matematis siswa kelas IV MI Darussalam Lembeyan Kulon Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan berkemampuan awal tinggi dalam menyelesaikan soal pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa kemudian di ambil 1 siswa berkemampuan awal tinggi. Pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan tes dalam bentuk soal dengan jawaban yang mengacu pada indikator berpikir logis matematis dan melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan awal tinggi mampu memenuhi semua indikator berpikir logis matematis, yaitu: (1) tahap memahami soal (2) tahap merencanakan penyelesaian soal (3) menentukan langkah-langkah yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal (4) tahap menyelesaikan soal (5) tahap memberikan kesimpulan yang logis pada hasil akhir jawaban.
Downloads
References
Akramunnisa, A., & Sulestry, A. I. (2016). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan awal Tinggi dan Gaya Kognitif Field Independent (FI). Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).
Efendi, A. (2005). Revolusi kecerdasan abad 21. Bandung: Alfabeta.
Fatmahanik, U. (2019). Diagnosa Kesulitan Mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo Dalam Membelajarkan Bilangan Pecahan. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(1), 133–144.
Lestari, K. E. (n.d.). M., & Mokhammad Ridwan Yudhanegara, M.(2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Lwin, M., Khoo, A., Lyen, K., & Sim, C. (2008). Cara mengembangkan berbagai komponen kecerdasan. Jakarta: Indeks.
Mini, R. (2010). Panduan Mengenal dan Mengasah Kecerdasan Majemuk Anak. Jakarta: Indocam Prima.
Purwaningrum, D., & Sumardi. (2016a). Efek Strategi Pembelajaran Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI IPS. Managemen Pendidikan, 11(2), 156.
Purwaningrum, D., & Sumardi, S. (2016b). Efek strategi pembelajaran ditinjau dari kemampuan awal matematika terhadap hasil belajar matematika kelas XI IPS. Manajemen Pendidikan, 11(2), 155–167.
Raharjo, A. T. (2010). Hubungan antara multiple intelligence dengan prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Malang. Jurnal Psikologi Tabularasa, 5(2).
Suharsimi, A. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, H. B. (2009). Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran.