Pengukuran, Assessment dan Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Nur Fitriani Zainal Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.310

Keywords:

Pengukuran, Assessment, Evaluasi

Abstract

Evaluasi merupakan salah satu komponen penting dan tahap yang harus ditempuh oleh guru untuk mengetahui keefektifan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari evaluasi dapat dijadikan pertimbangan bagi guru dalam memperbaiki dan menyempurnakan program dan kegiatan pembelajaran. Istilah-istilah yang digunakan dalam sistem evaluasi, yaitu pengukuran,  penilaian, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan library research yang mengkaji referensi tentang  pengukuran, assessment, dan evaluasi dalam pembelajaran matematika. Dalam kegiatan pembelajaran, evaluasi didahului oleh penilaian (assessment), sedangkan penilaian didahului oleh pengukuran. Dalam pengukuran, dilakukan kegiatan membandingkan hasil pengamatan dengan kriteria. Kemudian, hasil pengukuran ditafsirkan dan dideskripsikan dalam proses penilaian. Selanjutnya, evaluasi, yaitu menetapkan nilai atau implikasi perilaku. Jenis instrumen yang digunakan pada penilaian adalah tes dan non-tes. Langkah dalam menganalisis hasil non-tes, yaitu: a) mentransfer data kualitatif hasil angket menjadi data kuantitatif dan b) membandingkan total skor (rerata skor) tiap siswa dengan total skor netral (rerata skor netral). Di sisi lain, langkah yang digunakan untuk menganalisis hasil tes, yaitu: a) menskor dan b) penafsiran skor tes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Campbell, P.B.1967. School and Self-Concept. (http://www.ascd.org/ASCD/pdf /journals/ed_lead/el_196703_campbell.pdf), diakses tanggal 20 November 2019.

Hamzah, A. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.

Kusaeri dan Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mardapi, Djemari. 2008. Teknik Penyusunan Instrument Tes Dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia

Sudijono, A. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Suherman, E dan Sukjaya, Y. 1990. Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijayakusumah 157.


Wiggins, G.1984. A True Test: Toward More Authentic and Equitable Assessment. Phi Delta Kappan 70, (9) 703 – 713. (https://pdfs.semantic scholar.org/8614/15814ce733d118899dd5163ce289302b2760.pdf), diakses tanggal 20 November 2019.

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Permendikbud No. 66 tahun 2013 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah.

Downloads

Published

2020-05-30

Issue

Section

Articles