EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA TARI KETUK TILU

Authors

  • Raffida Azzahra Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Dedi Nurjamil Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Mega Nur Prabawati Universitas Siliwangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2719

Keywords:

Eksplorasi, Etnomatematika, Pola-pola Geometris, Tari Ketuk Tilu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola-pola geometris yang terdapat pada Tari Ketuk Tilu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Sumber pada penelitian ini terdapat tiga elemen yaitu tempat (place) yang peneliti lakukan di Sanggar Seni Mayar Binangkit, dan DISPORABUDPAR Kota Tasikmalaya, pelaku (actors) pada penelitian ini peneliti melakukan wawancara langsung dengan koreografer Tari Ketuk Tilu, dan pamong budaya ahli muda khusus dibidang seni DISPORABUDPAR Kota Tasikmalaya, aktivitas (activity) yang peneliti lakukan yaitu melakukan observasi dan juga melakukan wawancara langsung dengan narasumber. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pola-pola geometris pada tari ketuk Tilu diantaranya terdapat unsur-unsur geometri seperti sudut lancip, sudut tumpul, sudut lurus, sudut refleks, simetri lipat, dua garis bersilangan, dua garis sejajar, pola zigzag, garis diagonal, bentuk lingkaran, dan garis horizontal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jumantri, M. C., & Nugraheni, T. (2020). Pengkajian Gaya Busana Tari Jaipongan Karya Sang Maestro. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 4(1), 9. https://doi.org/10.24114/gondang.v4i1.16324

Mulyati, E., & Munajar, M. N. (2024). Tiga Gaya Ketuk Tilu Di Tatar Sunda. Prosiding ISBI Bandung, 212. https://doi.org/https://doi.org/10.26742/pib.v0i0.3132

Narulita, D. I. (2019). Kepret Kamale: Karya Tari Pengembangan Dari Tari Jaipongan Dan Pop Dance. Joged, 13(2), 188–201. https://doi.org/10.24821/joged.v13i2.3601

Rahman, A., Setiasih, A. P., & Meritasari, D. P. R. (2024). Ragam Mozaik Kearifan Lokal Nusantara-1. Suluah Kato Khatulistiwa. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=rgcuEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA44&dq=bangreng&ots=L8GvQUUrFI&sig=oK72lae8CRx4hiZYKwhPmA48SEM

Rahmawati, Y. (2020). Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Etnomatematika: Rumah Gadang Minangkabau pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Azimut, 3(SMAR), 22. https://doi.org/10.31317/jaz.v3ismar.636

Supriatna, M., Putra, E. D., Febriandi, R., Farokhah, L., Akbar, A., Abidin, Z., Lamadang, K. P., Mursalim, & Alman. (2023). Etnopedagogik Pendidikan Inklusif Berbasis Kearifan Lokal di Nusantara. Indonesia Emas Group. https://books.google.co.id/books?id=JmLZEAAAQBAJ

Downloads

Published

2025-10-30