ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SILVER DAN HANSON

Authors

  • Cepi Nur Fauzi Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Ipah Muzdalipah Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Linda Herawati Universitas Siliwangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2718

Keywords:

Analisis, Gaya Belajar Silver dan Hanson, Kemampuan Penalaran Analogi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran analogi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar Silver dan Hanson, yaitu mastery learning, self expressive learning, interpersonal learning, dan understanding learning. Subjek dalam penelitian ini adalah lima orang siswa kelas VIII J SMP Negeri 20 Kota Tasikmalaya, terdiri atas dua siswa dengan gaya belajar mastery learning, serta masing-masing satu siswa dengan gaya self-expressive learning, interpersonal learning, dan understanding learning. Pemilihan subjek didasarkan pada keterwakilan setiap tipe gaya belajar serta pada subjek yang paling banyak menjawab tahapan kemampuan penalaran analogi matematis, tanpa memandang kebenaran atau kesalahan jawaban. Instrumen yang digunakan meliputi angket gaya belajar, soal tes kemampuan penalaran analogi matematis, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket, pelaksanaan tes tertulis, dan wawancara mendalam terhadap subjek terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar mastery learning cenderung menyelesaikan soal secara sistematis, tetapi masih melakukan kesalahan teknis. Siswa dengan gaya self-expressive learning mampu mengenali informasi penting, namun kurang teliti dalam tahap pemetaan dan penerapan. Siswa dengan gaya interpersonal learning menunjukkan kemampuan dalam menjelaskan proses berpikir secara lisan, tetapi kurang tepat dalam menyimpulkan. Sementara itu, siswa dengan gaya understanding learning menunjukkan tahapan penalaran analogi yang paling lengkap dan konsisten, meskipun terdapat kekeliruan pada hasil akhir. Temuan ini menunjukkan bahwa karakteristik gaya belajar siswa berkaitan dengan pola penyelesaian dalam tahapan penalaran analogi matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afif, A., Suyitno, H., & Wardono. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa dalam Problem Based Learning (PBL). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Fatimah, N., & Imami, A. I. (2021). Analisis Penalaran Analogi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pythagoras Pada Siswa SMP Kelas VIII. 8(2), 2579–4647.

Khoerunnisa, S. N., Ratnaningsih, N., & Muslim, S. R. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Induktif Matematik Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Belajar Silver Dan Hanson. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME, 2(1), 67–78.

Lestari, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SSCS Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar.

Nurazizah, S. E., & Utomo, F. H. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Analogi Matematis Pada Soal Dimensi Tiga Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Di MA. At-Thohiriyah Tulungagung. Jurnal Inovasi Pendidikan Kreatif, 5, 76–89. https://ijurnal.com/1/index.php/jipk

Putriyannah, L. N. I., Ratnaningsih, N., & Nurhayati, E. (2022). Analisis Kelancaran Prosedural Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Gaya Belajar Silver dan Hanson. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(1), 30–45. https://doi.org/10.37058/jarme.v4i1.3270

Ratnaningsih, Ardian Nugraha, D., & Ryane Muslim, S. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Analogi Matematis Peserta Didik Berdasarkan Gender Perempuan. Jurnal Kongruen, 43–47.

Silver, H. F., & Hanson, J. R. (1996). Learning Styles & Strategies.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wulandari, H. A., Utami, C., & Mariyam. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Analogi Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6, 91–99.

Downloads

Published

2025-10-30