PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SMART SOLUTION DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 5 SDN SABRANG 03 AMBULU SEMESTER GENAP TAHUN PEMBELAJARAN 2024-2025
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2716Keywords:
Hasul belajar, Probing–Prompting, Smart SolutionAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) pengaruh strategi pembelajaran Smart Solution terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas 5 SDN Sabrang 03 Ambulu semester genap tahun pembelajaran 2024-2025. 2) pengaruh model pembelajaran Probing- Prompting terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas 5 SDN Sabrang 03 Ambulu semester genap tahun pembelajaran 2024-2025. 3) interaksi pengaruh antara strategi pembelajaran Smart Solution dan model pembelajaran Probing- Prompting terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas 5 SDN Sabrang 03 Ambulu semester genap tahun pembelajaran 2024-2025. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian kuantitatif kausal yaitu suatu penelitian yang bersifat mencari pengaruh variabel tertentu (bebas) terhadap varabel lain (terikat). Analisis data yang digunakan yaitu paired sample t test dan ANCOVA. Hasil Penelitian menunjukkan 1) Nilai t hitung = 17,665 dengan derajat kebebasan (df = 19) menghasilkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 (p < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Smart Solution berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Sabrang 03 Ambulu semester genap tahun pelajaran 2024/2025. 2) Nilai t hitung = 16,427 dengan derajat kebebasan (df = 19) menghasilkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 (p < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Probing-Prompting berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Sabrang 03 Ambulu semester genap tahun pelajaran 2024/2025. 3)Berdasarkan tabel ANCOVA, nilai F untuk interaksi model × pretest adalah 0.720 dengan p = 0.008 (< 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal siswa. Artinya, pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar matematika tidak sama untuk semua siswa, melainkan bergantung pada nilai pretest mereka. Dengan kata lain, interaksi antara strategi pembelajaran Smart Solution dan model pembelajaran Probing- Prompting berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas 5 SDN Sabrang 03 Ambulu semester genap tahun pembelajaran 2024-2025.
Downloads
References
Annisah, S., Maryati, I., & Sari, P. (2020). Pengaruh strategi Smart Solution terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 246-258.
Handayani, T., Degeng, I. N. S., & Sumarmi, S. (2021). Efektivitas model pembelajaran Probing-Prompting dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(1), 71-79.
Nugroho, P. B., Astuti, D., & Widodo, S. A. (2023). Sinergi strategi Smart Solution dan Probing-Prompting dalam pengembangan kemampuan matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 42(2), 328 341.
Permatasari, D., & Hadi, S. (2020). Kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13(1), 86-95.
Pratiwi, I., & Hidayat, R. (2021). Studi komparatif pendekatan konvensional dan integratif Smart Solution-Probing dalam pembelajaran matematika sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 187-201.
Putra, D. R., & Hermita, N. (2023). Integrasi strategi Smart Solution dan model Probing-Prompting untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 42(1), 145-157.
Rahayu, S., Mulyati, Y., & Sudin, A. (2021). Penerapan model pembelajaran Probing-Prompting untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 7(3), 213-224.
Saputra, N. R., & Mahmudi, A. (2020). Kontribusi pendekatan pembelajaran berbasis pemecahan masalah terhadap kemampuan metakognitif siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 8(2), 126-137.
Suryani, A., Kartowagiran, B., & Jailani, J. (2021). Implementasi strategi Smart Solution dalam pembelajaran matematika sekolah dasar: Sebuah tinjauan empiris. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 53-64.
Widyasari, R., & Nurjaman, A. (2022). Implementasi strategi Smart Solution dalam pembelajaran matematika sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 87-98.
Wulandari, E., & Suparman, S. (2022). Analisis empiris penerapan model pembelajaran Probing-Prompting pada pembelajaran matematika di kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 13(2), 169-183.




