PENERAPAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA : LITERATURE REVIEW

Authors

  • Rani Nurmaya Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Indonesia
  • Sukirwan Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Indonesia
  • Sri Tirto Madawistama Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2715

Keywords:

Literasi Numerasi, Systematic Literature Review, Teaching at The Right Level

Abstract

Penelitian ini berfokus pada analisis seberapa efektif pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dalam mengembangkan kemampuan literasi numerasi. Kajian dilakukan dengan metode penelitian Systematic Literature Review (SLR) yang meliputi tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Proses seleksi artikel dilakukan menggunakan kriteria inklusi untuk mengidentifikasi artikel dengan topik yang relevan. Penelitian ini mengkaji sembilan artikel menggunakan kata kunci seperti “Teaching at The Right Level”, “ TaRL”, “literasi numerasi”, dan “literasi matematis. Hasil penelusuran dari database Google Scholar, DOAJ, Garuda, Eric dan pubmed diperoleh sembilan artikel yang sesuai. Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi meningkat di tingkat sekolah dasar dan menengah pada periode 2023-2025 setelah menerapkan pendekatan TaRL. Efektivitas TaRL semakin terlihat ketika dipadukan dengan strategi atau media pembelajaran inovatif. Pendekatan ini meningkatkan hasil belajar secara kuantitatif dan mendorong siswa untuk berperan secara aktif, motivasi yang tinggi, serta kepercayaan diri dalam menyelesaikan soal numerasi. Mayoritas penelitian dilakukan pada tingkat sekolah dasar, menegaskan bahwa TaRL sangat relevan untuk membangun fondasi literasi numerasi sejak dini, meskipun pada jenjang SMA/SMK juga menunjukkan hasil yang signifikan. Dengan demikian, TaRL merupakan strategi diferensiasi pembelajaran yang adaptif, fleksibel, dan potensial untuk diimplementasikan secara luas dalam konteks pendidikan Indonesia guna mendukung penguatan literasi numerasi pada era Kurikulum Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-10-30