EKSPLORASI KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN RASA PERCAYA DIRI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI KONTEKS ETNOMATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2714Keywords:
Etnomatematika, Kemampuan berpikir kritis, Rasa percaya diri matematis, Siswa SMPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan berpikir kritis dan rasa percaya diri matematis siswa SMP melalui konteks etnomatematika. Masalah utama dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya keterlibatan siswa secara kognitif maupun afektif, sehingga dibutuhkan pendekatan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksploratif dengan subjek delapan siswa kelas VIII di salah satu SMP negeri di Jawa Barat. Data dikumpulkan melalui tes soal kontekstual berbasis etnomatematika, wawancara semi-terstruktur, dan observasi kelas. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman yang meliputi reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas etnomatematika, seperti permainan tradisional, praktik jual beli di pasar, dan seni payung geulis, dapat menumbuhkan indikator berpikir kritis berupa kemampuan mengidentifikasi masalah, menyusun strategi, memberikan alasan logis, dan menarik kesimpulan. Sementara itu, rasa percaya diri matematis siswa tercermin dalam keberanian mencoba, keyakinan terhadap jawaban, serta kesiapan menyampaikan pendapat di kelas. Secara umum, siswa dengan kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi cenderung memiliki rasa percaya diri yang lebih baik. Penelitian ini menegaskan bahwa integrasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika mampu mendukung pengembangan aspek kognitif dan afektif siswa SMP.
Downloads
References
Ahmad, R., Dewi, S., & Wulandari, T. (2023a). Mathematical self-confidence as a predictor of students’ problem-solving skills. Journal of Mathematics Education Research, 12(2), 115–128.
Ahmad, R., Dewi, S., & Wulandari, T. (2023b). Mathematical self-confidence as a predictor of students’ problem-solving skills. Journal of Mathematics Education Research, 12(2), 115–128.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage.
Etikan, I., Musa, S. A., & Alkassim, R. S. (2016). Comparison of convenience sampling and purposive sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1–4.
Kabuye Batiibwe, P. (2024). Ethnomathematics in everyday cultural practices: A review of teaching perspectives. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 55(4), 620–635.
Kvale, S., & Brinkmann, S. (2015). InterViews: Learning the craft of qualitative research interviewing (3rd ed.). Sage.
Maharani, D., Sutisna, A., & Ramdani, A. (2024). Contextualizing mathematics learning through ethnomathematics: A case study of cultural artifacts. Journal on Mathematics Education, 15(1), 77–92.
Maharani, S., Yuliani, D., & Pratama, R. (2024). Contextual learning through ethnomathematics to enhance students’ engagement. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 75–86.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2019). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). Sage.
Nurlatifah, E., & Mulyono, M. (2022). The role of self-confidence in mathematics learning achievement. Infinity Journal of Mathematics Education, 11(1), 47–56.
Pratama, R., & Yanpar, Y. (2024). Ethnomathematics-based learning design for improving students’ numeracy. International Journal of Instruction, 17(1), 123–138.
Putri, D. A., Sari, N., & Hidayat, A. (2025). Critical thinking skills in mathematics learning: A qualitative study. Journal of Educational Research and Practice, 15(1), 44–56.
Rahman, A., & Yusuf, M. (2024). Students’ self-confidence and critical thinking in mathematics learning: Challenges and opportunities. Eurasia Journal of Mathematics Education, 20(2), 211–225.




