PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAKAMOTO TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPIT IQRA
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2713Keywords:
Kemampuan Literasi Matematis, Pembelajaran Aktif, Pendekatan Sakamoto, SMPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Sakamoto terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik kelas VIII di SMP Swasta Islam Terpadu IQRA. Pendekatan Sakamoto menekankan keaktifan siswa dalam proses belajar melalui kegiatan berpikir logis, kreatif, dan kritis dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Strategi pembelajaran aktif dan efektif seperti pendekatan ini terbukti mampu mendorong siswa untuk lebih kreatif dan berpikir kritis, khususnya dalam memodelkan penyelesaian soal matematika. Hal ini juga membangun rasa ingin tahu siswa untuk terus mengasah kemampuannya dalam memahami dan mengerjakan soal, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Penelitian ini menggunakan pendekatan Pre-Experimental Design (non-desain) karena tidak melibatkan kelas kontrol. Desain yang digunakan adalah one group pre-test post-test, di mana satu kelompok siswa diberikan tes sebelum dan sesudah pembelajaran untuk melihat peningkatan kemampuan mereka. Instrumen yang digunakan berupa tes literasi matematis yang terdiri dari 4 soal pre-test dan 4 soal post-test. Hasil uji prasyarat dan uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pendekatan Sakamoto terhadap kemampuan literasi matematis siswa, dengan nilai R square sebesar 0,734. Artinya, pendekatan ini memberikan pengaruh sebesar 73,4% terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis, yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, pendekatan Sakamoto dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan literasi matematis siswa di tingkat SMP.




