PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MAPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMAN 13 MEDAN

Authors

  • Meri Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia
  • Isnaini Halimah Rambe Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia
  • Dhia Octariani Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2712

Keywords:

Hasil Belajar Matematika Siswa, Maple, Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstract

Penelitian ini menerapkan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan maple yang dapat menjadi solusi bagi guru dalam mengoptimalkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan maple terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan adalah Pre-eksperimental Desain (nondesain) dalam arti tidak adanya kelas kontrol, dengan desain one group pretest-posttest. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 13 Medan tahun ajaran 2025/2026 yang terdiri dari 12 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-3 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian yang mengacu pada indikator kemampuan kognitif siswa pada tingkat C1-C4 dengan indikator mengingat, memahami, mengaplikasikan, dan menganalisis. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari pretest sebesar 58,68 menjadi 80,55 pada posttest. Uji hipotesis dengan regresi linear sederhana menghasilkan nilai signifikansi 0,001< 0,05 dan nilai R Square sebesar 0,908 atau 90,8% pada kategori tinggi yang menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berbantuan maple berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan maple terhadap hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, F. (2024). Problematika pendidikan Indonesia di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Global, 10(1), 845–855.

Damayanti, A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 1(1), 99–108.

Fatmawati, F., & Lubis, A. S. (2020). Pengaruh perilaku kewirausahaan terhadap kemampuan manajerial pada pedagang pakaian pusat pasar kota Medan. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.24853/jmmb.1.1.1-10

Gulo, F., Harefa, A. O., & Telaumbanua, Y. N. (2022). Analisis hasil belajar matematika ditinjau dari gaya kognitif berdasarkan revisi taksonomi Bloom pada peserta didik di SMK Negeri 1 Mandrehe. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(5), 625–636. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i5.1365

Greiselah Manoka, Pulukadang, R. J., & Runtu, P. V. J. (2022). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi teorema Pythagoras. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 1(4), 13–22. https://doi.org/10.58192/insdun.v1i4.185

Hadijah, S., Aulia, L., & Interaktif, M. P. (2020). Kriteria ketuntasan belajar klasikal pada pembelajaran matematika. Jurnal Numeracy, 7(2), 309–323.

Kamila, Z., & Kowiyah, K. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Canva pada materi pecahan untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 72–83. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1663

Lubis, P. (2024). Teori-teori belajar dalam pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 112–120.

Maulidya, N. S., & Nugraheni, E. A. (2021). Analisis hasil belajar matematika peserta didik ditinjau dari self confidence. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2584–2593. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.903

Nabillah, F., Sulistyono, E., & Handayani, V. A. (2023). Pelatihan penggunaan aplikasi Maple sebagai media pembelajaran matematika. Jurnal SOLMA, 12(2), 415–424. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.11236

Ramdhani, V. (2021). Penggunaan software Maple pada pembelajaran persamaan diferensial biasa. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70–80. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i1.2985

Rezeqi, S., & Rahayu, W. (2023). Model Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika SMA/SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 5(2), 11–20. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v5i2.23082

Rika Widianita, D. (2023). Problem Based Learning: Membuka peluang kolaborasi dan pengembangan skill siswa. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(1), 1–19.

Rombe, Y. P., Alberta, F., Yogaswara, R., & Surbakti, S. (2021). Pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) secara online selama pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 5(2), 67–74.

Sihombing, S., Silalahi, H. R., Sitinjak, J. R., & Tambunan, H. (2021). Analisis minat dan motivasi belajar, pemahaman konsep dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar selama pembelajaran dalam jaringan. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 4(1), 41–55. https://doi.org/10.31539/judika.v4i1.2061

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan populasi dan sampel: Pendekatan metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif. Jurnal Metodologi Penelitian, 9, 2721–2731.

Sugiyono. (2020). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sutisna, E. (2020). Modul matematika umum kelas X. Paper Knowledge: Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.

Downloads

Published

2025-10-30