PENERAPAN MODEL PJBL PLATFORM DIGITAL KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SD 2 MIJEN

Authors

  • Ahmad Yusril Amri Nur Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Nur Fajrie Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Silvia Indriani Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2710

Keywords:

Bangun Ruang, Hasil Belajar, Kahoot, Matematika, Project-Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD 2 Mijen pada materi bangun ruang melalui penerapan model pembelajaran Project-Based Learning (PJBL) yang dipadukan dengan media digital Kahoot. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa dari 57 (pra-siklus) menjadi 76 pada siklus II, serta peningkatan persentase ketuntasan belajar dari 53,57% menjadi 78,57%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan PJBL dan Kahoot dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhari, A., & Irfan, M. (2019). Konsep Dasar Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran project based learning di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 3(4), 1082-1092.

Basa, A. & Hudaidah, H. (2021). Persepsi siswa terhadap matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 112–120.

Ansya, Y. A. U. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 43-52.

Kartika, R. & Hiltrimartin, C. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 45–56.

Nisa, A. et al. (2021). Persepsi negatif siswa terhadap pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 33–40.

Dewimarni, S., Ulhusna, M., & Marhayati, L. (2022). Penerapan Aplikasi Kahoot pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Dikelas VII SMP Negeri 38 Padang. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(8), 1935-1940.

Setiawan, D., & Sudana, D. (2021). Pemanfaatan media digital dalam pembelajaran. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(3), 219–226.

Prihastari, E. B., Widyaningrum, R., & Rahman, I. H. (2021). Sosialisasi Model Project Based Learning Berorientasi Budaya Lokal di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(3), 796-803.

Setyadi, A., & Qohar, A. (2017). Simbol dan pola dalam matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 87–94.

Sinaga, I. T. D., Rahan, N. W., & Azahari, A. R. (2022). Pengaruh media pembelajaran Kahoot terhadap motivasi belajar siswa SDN Nanga Bulik 6 Kabupaten Lamandau. Journal of Environment and Management, 3(1), 55-61.

Downloads

Published

2025-10-30