PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING DAN ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN AJUNG 01 SEMESTER GENAP TAHUN PEMBELAJARAN 2024-2025

Authors

  • Nuril Agustin Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Hariyanto Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • I Wayan Wesa Atmaja Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2709

Keywords:

Analisis Kemampuan Matematis, Hasil Belajar, Matematika, Resource Based Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) pengaruh penggunaan model pembelajaran Resource Based Learning terhadap kemampuan matematis kelas IV SDN Ajung 01 semester genap tahun pembelajaran 2024-2025. 2) pengaruh  model  pembelajaran  resource based learning terhadap hasil belajar matematika kelas IV  SDN Ajung 01 semester genap tahun pembelajaran 2024-2025. 3) pengaruh  model  pembelajaran  resource based learning terhadap kemampuan matematis terhadap hasil belajar matematika kelas IV   SDN Ajung 01 Semester Genap Tahun Pembelajaran 2024-2025. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian kuantitatif kausal yaitu suatu penelitian yang bersifat mencari pengaruh variabel tertentu (bebas) terhadap varabel lain (terikat). Analisis data yang digunakan yaitu independent t test, regresi linier sederhana, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkn 1) Hasil uji t dengan asumsi varians sama menunjukkan nilai t = 6,809 dengan df = 36 dan Sig. (2-tailed) = 0,002. Nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik antara rata-rata skor kemampuan matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. 2) Hasil ANOVA menunjukkan nilai F = 9,715 dengan Sig. = 0,000 dan df = 1 untuk regresi, yang lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model regresi yang dibangun signifikan secara statistik dan kemampuan matematis siswa berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. 3) Hasil ANOVA menunjukkan nilai F = 9,433 dengan Sig. = 0,002 dan df = 2 untuk regresi. Nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 menunjukkan bahwa model regresi berganda signifikan secara statistik, sehingga RBL dan kemampuan matematis secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayati, R., & Permana, D. (2022). Analisis Kemampuan Matematis Siswa Sekolah Dasar: Tinjauan Teori dan Praktik. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 210-224.

Kusuma, P. D., & Hartini, S. (2022). Implementasi Model Resource Based Learning dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar: Tinjauan Empiris dan Praktis. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 245-257.

Prasetyo, A. D., & Winarti, M. (2022). Pengembangan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar melalui Penerapan Model Resource Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 7(1), 57-68.

Pratiwi, D., & Mahmudi, A. (2021). Pemetaan Kemampuan Matematis Siswa Sekolah Dasar: Analisis dan Implikasinya terhadap Pembelajaran. Elementary School Journal, 5(3), 178-191.

Rahmawati, S., & Juhadi, T. (2023). Diferensiasi Pembelajaran Matematika SD melalui Model Resource Based Learning. Edumatsains, 8(1), 89-103.

Sari, D. P., & Nugraha, I. (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Resource Based Learning: Implementasi dan Tantangan di Era Digital. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 9(2), 123-135.

Susanto, H., & Rahayu, G. S. (2022). Diferensiasi Pembelajaran Berbasis Analisis Kemampuan Matematis dalam Model Resource Based Learning di Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 12(2), 210-225.

Widodo, S., & Putri, K. E. (2023). Optimalisasi Pembelajaran Matematika SD: Integrasi Model Resource Based Learning dan Analisis Kemampuan Matematis. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 42(1), 112-125.

Yulianti, N., & Wulandari, R. (2023). Transformasi Pembelajaran Matematika SD melalui Pendekatan Resource Based Learning. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 12(1), 67-82.

Downloads

Published

2025-10-30