INTEGRASI AI ZEP QUIZ UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ALJABAR SISWA SMP BOARDING SCHOOL

Authors

  • Nelis Alfany Santiaji Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Sukirwan Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Sri Tirto Madawistama Universitas Siliwangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2708

Keywords:

Boarding School, Integrasi AI Zep Quiz, Motivasi Belajar Aljabar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji keefektifan integrasi AI Zep Quiz dalam meningkatkan motivasi belajar aljabar siswa di SMP Terpadu Al Hasan Ciamis, sebuah boarding school. Metode yang digunakan adalah mixed-methods dengan desain Embedded Experimental Model. Data kuantitatif diambil dari hasil uji-t dengan membandingkan skor motivasi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sementara itu, data kualitatif didapatkan dari hasil observasi dan wawancara terhadap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar aljabar yang signifikan pada kelas eksperimen yang diberikan intervensi Zep Quiz. Analisis kualitatif menghasilkan bahwa penggunaan Zep Quiz membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tidak menjenuhkan. Maka, penelitian ini terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran inovatif khususnya di lingkungan boarding school.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawiyah, S., & Gumala, Y. (2025). Penggunaan Media Berbasis Quizziz dalam Pembelajaran IPA untuk Menumbuhkan Motivasi Siswa di Sekolah Dasar. Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 4(2), 2589-2601. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/1875

Angzalni, A., & Aslam, A. (2025). Penerapan Aplikasi Quizizz dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bontang Barat Tahun Pelajaran 2023/2024. NABAWI: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 3(2), 121-135. https://ejournal.stitsyambtg.ac.id/index.php/nabawi/article/view/102

Armansyah, A., Nurdin, B., & Erningsih, E. (2025). Strategi Guru Sosiologi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA DAR El Iman Islamic Boarding School Padang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(3), 229-339. https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32133

Chu, H.-C., Hwang, G.-H., Tu, Y.-F., & Yang, K.-H. (2022). Roles and research trends of artificial intelligence in higher education: A systematic review of the top 50 most-cited articles. AJET Australasian Journal of Educational Technology(38), 3. https://doi.org/10.14742/ajet.7526

Hiu, A. M., & Oktaviana, D. (2025). Kelelahan Fisik dan Mental dapat Mempengaruhi Prestasi Akademik Siswa. Algoritma: Jurnal Matematika, Ilmu pengetahuan Alam, Kebumian dan Angkasa, 3(4), 32-42. https://doi.org/10.62383/algoritma.v3i4.554

Maryani, E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Model Problem Based Learning Menggunakan Software Geogebra dan Dampaknya terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMK. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(1), 48-57. https://doi.org/10.51878/vocational.v1i1.81

Novianti, R. (2021). Academic Burnout pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Kesehatan Perintis, 8(2), 128-133. https://doi.org/10.33653/jkp.v8i2.656

Pritandhari, M., & Ratnawuri, T. (2018). Analisis Pembelajaran Monopoli Ekonomi (MONOKOMI) pada Siswa Boarding School. urnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 6(2), 99-105. http://dx.doi.org/10.24127/pro.v6i2.1696

Priyoaji, K. S. (2023). Gifted Underachiver: Analisis Self-Determination Theory. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(1), 1-7. https://doi.org/10.29040/jie.v8i1.11327

Sar'an, S., Andrayani, D., Nurainum, N., & Nasution, S. A. (2025). Pembelajaran Kuis Sebagai Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Al-Karim : Jurnal Pendidikan, Psikologi dan Studi Islam, 10(1), 29-35. https://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/alkarim/article/view/498

Siregar, T. (2025). STIMULUS DAN RESPON DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Goresan Pena.

Syahabuddin, S., Kesuma, S., & Gultom, R. (2025). Implementasi Aplikasi Quizizz dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pelajaran PKn. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 9(1), 257-268. https://doi.org/10.30601/dedikasi.v9i1.5671

Syahirah, F., Kabry, F. R., Syuaira, G. A., Dalimunthe, N. Q., Simanjuntak, S. H., & Nasution, I. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Era Digital. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 222-232. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i4.1574

Syarah, F., Harahap, Y. N., & Putri, J. H. (2023). Kesulitan Siswa Dalam Mempelajari Materi Aljabar. Journal on Education, 5(4), 16067-16070. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2656

Welong, S. S., Manampiring, A. E., & Posanggi, J. (2020). Hubungan antara Kelelahan, Motivasi Belajar, dan Aktivitas Fisik terhadap Tingkat Prestasi Akademik. Jurnal Biomedik, 12(2), 125-131. https://doi.org/10.35790/jbm.12.2.2020.29516

Widyaningrum, D., Smaragdina, A. A., Rizky, D. D., Ardiansyah, Y. E., & Prasasti, F. A. (2025). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Zep Quiz Pada Pembelajaran Informatika di SMP. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 200-211. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28792

Downloads

Published

2025-10-30