PENGARUH PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING TERHADAP LITERASI MATEMATIS PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2707Keywords:
Aritmetika Sosial, Literasi Matematis, Pendekatan Culturally Responsive Teaching,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Culturally Responsive Teaching terhadap literasi matematis siswa pada materi aritmetika sosial. Penelitian ini menggunakan true experimental design dengan desain penelitian posttest-only control group design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tasikmalaya, dengan sampel penelitian dua kelas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes uraian, teknik analisis data berupa statistika deskriptif dan statistika inferensial menggunakan Uji Independent Sample t-Test. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Culturally Responsive Teaching terhadap literasi matematis siswa pada materi aritmetika sosial. Literasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching berada pada kategori tinggi sebanyak 11 orang (52,38%) pada kategori sedang sebanyak 10 orang (47,62%) dan pada kategori rendah tidak ada (0%).




