PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN AWERENESS TRAINING TERHADAP KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN BARATAN 01 SEMESTER GENAP TAHUN PEMBELAJARAN 2024-2025
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2706Keywords:
awareness training, hasil belajar, kemandirian belajarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran awareness training terhadap kemandirian belajar siswa kelas V SDN Baratan 01 Semester Genap Tahun Pembelajaran 2024-2025. 2)adanya pengaruh model pembelajaran awareness training terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Baratan 01 Semester Genap Tahun Pembelajaran 2024-2025. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian kuantitatif. Analisis data yang digunakan yaitu pada kedua hipotesis menggunakan uji ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil uji Analysis of Covariance (ANCOVA) pada variabel kemandirian belajar menunjukkan model pembelajaran awareness training memberikan pengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa kelas V SD. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Corrected Model dengan F sebesar 158.480 dan signifikansi 0.000 (< 0.05). Selanjutnya koefisien determinasi (R Squared) sebesar 0.890 dengan nilai Adjusted R² = 0.885 menunjukkan bahwa sebesar 89% variasi kemandirian belajar. Dengan kata lain, dapat dijelaskan bahwa model awareness training memberikan berpengaruh kuat terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa. 2) Hasil analisis ANCOVA pada penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran awareness training memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Hal ini dibuktikan dengan nilai F sebesar 116,505 pada model koreksi (Corrected Model) dengan signifikansi 0,000 (<0,05). Selanjutnya nilai R Squared sebesar 0,857 dengan Adjusted R Squared sebesar 0,849 menunjukkan bahwa sekitar 85,7% variasi hasil belajar matematika siswa. Dengan kata lain, dapat dijelaskan oleh model pembelajaran awareness training termasuk sangat kuat dalam memengaruhi hasil belajar siswa.
Downloads
References
Asrial, A., Syahrial, S., Maison, M., Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2020). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika: Pengembangan Lembar Kerja Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 183-196.
Fatmawati, A., & Sukaesih, S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Kemandirian terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 5(1), 78-92.
Nurhayati, E., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2022). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 112-125.
Purnama, I. M., & Mawardi, M. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Digital di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 195-210.
Pratiwi, D. E., & Widodo, S. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Awareness Training terhadap Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1298-1308.




