PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PBL BERBANTU MEDIA PAPUBICA DI KELAS II SDN 1 PRAMBATAN LOR
DOI:
https://doi.org/10.31537/laplace.v8i2.2705Keywords:
Hasil Belajar, PAPUBICA, Pecahan, Pembelajaran Matematika, Problem Based Learning (PBL)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan dengan mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan penggunaan media konkret PAPUBICA (Papan Putar Bilangan Pecahan) di kelas II SDN 1 Prambatan Lor. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya pencapaian belajar siswa serta kurangnya minat dan motivasi mereka dalam mengikuti pelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi dan tes tulis. Hasil penelitian memperlihatkan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa, dari 27% pada tahap awal (pra-siklus), naik menjadi 47% di siklus pertama, dan mencapai 87% di siklus kedua. Selain itu, rata-rata nilai siswa turut meningkat dari 65 pada pra-siklus menjadi 78 pada siklus kedua. Penerapan model PBL yang disertai media PAPUBICA terbukti mampu membantu siswa memahami konsep pecahan dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Dengan demikian, perpaduan model pembelajaran berbasis masalah dan media konkret sangat dianjurkan untuk digunakan dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar.




